الجيش السوري يتقدم في الغوطة الشرقية ويقتل عشرات المسلحينDamaskus, LiputanIslam.com – Tentara Arab Suriah (SAA) hingga Ahad kemarin (7/9) terus menekan kawanan bersenjata Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Raqqah yang menjadi basis utama kelompok teroris ini dan beberapa kawasan lain hingga menewaskan banyak anggota ISIS.

Pengawas HAM Suriah yang notebene lembaga dekat kealangan oposisi negara ini menyatakan enam anggota ISIS tewas akibat serangan udara SAA terhadap area yang menjadi tempat latihan pasukan ISIS. Serangan itu antara lain menerjang bangunan yang dinamakana Mahkamah Syariat oleh ISIS dan satu bangunan lain di dekatnya.

Selain itu, serangan udara SAA juga menghancurkan gudang-gudang senjata ISIS di Raqqah hingga menjatuhkan sejumlah korban tewas dan luka di pihak ISIS.

Menurut laporan Alalam, SAA juga menggempur kelompok-kelompok bersenjata di kawasan Um Batinah dan Nabaa al-Sakhar, provinsi Quneitra, mengakibatkan 20 militan bersenjata tewas dan peralatan perang mereka hancur. Masih di provinsi yang sama, SAA juga menyerang markas-markas kelompok bersenjata di Mamtanah, Qahtaniah, Majduliya, Samdania dan Harima serta berhasil membunuh dan melukai beberapa militan bersenjata lain dalam peristiwa penggagalan serbuan kawanan bersenjata dari arah Rasm al-Halabi menuju Kum al-Basha.

Di Rif Damaskus, SAA yang juga meringsek maju ke kawasan Ghouta Timur dan berhasil merebut distrik Hatitah al-Harash yang berbatasan dengan distrik Mleha yang juga telah dibebaskan SAA pertengahan Agustus lalu. Gerak maju SAA menyebabkan sejumlah besar militan bersenjata tewas.

SAA membantah beberapa laporan yang menyebutkan bahwa pasukan teroris berhasil masuk kawasan Jaramana dan Duwailah. SAA menegaskan bahwa berita itu sama sekali tidak benar.

Di kota Homs, SAA juga berhasil menghabisi sejumlah teroris, satu di antaranya komandan mereka yang bernama Muhammad Fahd al-Mushtab alias al-Qait, yang berusaha menyerbu dari Rajm al-Qasr menuju Um Jami dan sebuah area di antara desa Asmad dan Abul Ala di bagian timur Rif Homs.

Di Rif Idlib, SAA menggempur sarang-sarang teroris di sekitar Wadi al-Daih dan Hamidiyah, mengakibatkan beberapa teroris tewas dan luka. Selain itu, SAA juga menggempur tempat perkumpulan anggota Front al-Nusra di Ma’rah al-Nukman dan distrik Um Jarin, mengakibatkan sejumlah besar teroris tewas dan beberapa sarang serta satu mobil mereka hancur. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL