perang aleppoAleppo, LiputanIslam.com –  Lembaga Obeservatorium Suriah untuk HAM, Jumat malam (2/12/2016) menyatakan bahwa Pasukan Arab Suriah (SAA) telah merebut dan menguasai separuh kawasan Aleppo timur dari tangan kawanan bersenjata.

“Kemajuan terbaru membuat pasukan pemerintah Suriah kini menguasai separuh wilayah itu,”  ungkap direktur eksekutif lembaga yang bermarkas di London itu, Rami Abdulrahman, kepada AFP.

Dia menambahkan bahwa pasukan pemerintah Suriah itu telah memperkut posisi-posisi  mereka di dua lingkungan di Aleppo timur dan terus bergerak maju.

AFP melaporkan bahwa Jumat kemarin terdengar kecamuk pertempuran sengit di lingkungan Tariq al-Bab yang telah dimasuki oleh tentara Suriah pada Kamis lalu, sementara penduduk lari meninggalkan lingkungan al-Shiar.

Sejak Sabtu pekan lalu sampai sekarang tak kurang dari 50,000 di antara  250,0000 penduduk telah kabur dari Aleppo timur menuju kawasan Aleppo barat yang dikuasai oleh SAA.

Observatorium Suriah untuk HAM melaporkan lebih dari 300 warga sipil Aleppo timur, 42 di antaranya anak kecil, dan 59 orang di Aleppo barat terbunuh dalam pertempuran sengit SAA melawan kelompok-kelompok pemberontak dan teroris sejak 15 November lalu. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL