pasukan suriahDamaskus, LiputanIslam.com – Pasukan pemerintah Suriah dan kelompok-kelompok pendukungnya berhasil menguasai penuh kota strategis Sheikh Miskin di bagian utara Rif Daraa melalui serangan yang menjatuhkan puluhan korban tewas dan luka di pihak kawanan bersenjata. Bersamaan dengan ini, kelompok teroris ISIS menyatakan bertanggungjawab atas serangan teror bom yang menjatuhkan ratusan korban tewas dan luka di kota Homs.

Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) menyebutkan pasukan pemerintah Suriah dan sekutunya meraih kemenangan di kota kecil Sheih Miskin, namun pertempuran masih berlanjut dari sisi barat, Selasa (26/1). Mereka berhasil merebutnya setelah sehari sebelumnya berhasil menguasai 90 persen wilayah kota itu.

Al-Alam menyebutkan bahwa jet tempur terus menerus melintas diangkasa, sementara kawanan bersenjata tak dapat menahan gerak maju pasukan infantri Suriah yang menggempur mereka dengan sengit.

Belum ada data rinci mengenai kawanan bersenjata yang tewas sepanjang pertempuran yang terjadi sejak beberapa hari sebelumnya. Pihak militer Suriah hanya menyatakan ada puluhan korban tewas dan luka di pihak kawanan bersenjata.

Menurut al-Alam, di kota itu ada banyak kelompok bersenjata, termasuk Harakah al-Muthanna al-Islamiyyah, Alwiyat al-Furqan, al-Failaq al-Awwal dan Jabhah al-Nusra, namun banyak jumlah itu ternyata sia-sia dan tak dapat menahan gerak maju pasukan Suriah.

Kota Sheikh Miskin merupakan kawasan strategis yang menghubungkan segi tiga Daraa, Damaskus dan Quneitra.

Sementara itu, sebagaimana dilaporkan Reuters, kelompok teroris ISIS merilis statemen menyatakan bertanggungjawab atas dua serangan teror bom bunuh diri yang terjadi Selasa pagi dan menewaskan 22 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya di kawasan al-Zahra di kota Homs.

“Ledakan-ledakan itu terjadi di sebuah pos pemeriksaan pasukan Suriah,” kata Talal al-Barazi, gubernur Homs.
Dia menjelaskan bahwa serangan pertama dilakukan denan meledakkan bom mobil, sedangkan serangan kedua dilakukan dengan meledakkan bom rompi/sabuk.

Serangan serupa juga terjadi beberapa waktu lalu di kota yang sama dengan jumlah korban tewas sedikitnya 32 orang dan korban luka 90 orang. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL