jalur aleppo suriahBeirut, LiputanIslam.com – Pasukan Suriah kembali merebut beberapa kawasan yang pada Sabtu pekan lalu direbut oleh kelompok-kelompok teroris dan pemberontak untuk memecah kepungan pasukan Suriah dan sekutunya terhadap kawasan timur kota Aleppo.

“Celah yang sudah dibuka oleh kelompok bersenjata di kawasan Ramusah menuju kawasan-kawasan permukiman Aleppo timur tertutup sepenuhnya,” ungkap kantor bidang media militer Suriah, seperti dilansir DPA dan dikutip Rai al-Youm, Selasa malam (9/8/2016).

Direktur lembaga Observatorium Suriah untuk HAM Rami Abdulrahman menyatakan bahwa jalur logistik yang dipecah oleh kelompok bersenjata masih belum dikuasai oleh pasukan Suriah, namun pasukan Suriah dan kelompok-kelompok milisi sekutunya yang juga didukung serangan udara berhasil mencetak kemajuan sehingga dapat menggempur jalur tersebut.

Kantor berita Suriah, SANA, memublikasi penggalan-penggalan video yang merekam “serangan gencar” pasukan udara terhadap pergerakan kelompok-kelompok bersenjata di bagian selatan dan barat Aleppo.

“Pasukan udara Suriah dan Rusia telah memfokuskan serangan terhadap kelompok-kelompok teroris di selatan dan barat Aleppo,…  mengakibat banyak teroris tewas dan puluhan mobil lapis baja mereka hancur.  Sebagian besar teroris yang tewas berkewarganegaraan Arab Saudi,” ungkap sumber militer Suriah kepada SANA.

Lembaga Dana Anak PBB (UNICEF) menyatakan di Aleppo terdapat sekitar dua juta penduduk terisolasi akibat berlanjutnya pertempuran.

Pemerintah Suriah bekerja sama dengan Rusia telah membuka jalur akses khusus bagi penduduk agar mengungsi dari kawasan yang dikuasai kelompok bersenjata menuju zona-zona non-militer. Pemerintah Suriah juga terus menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Namun demikian, menurut laporan IRNA, sebagian penduduk terbunuh di tangan kelompok bersenjata sebelum tiba ke lokasi aman, dan helikopter milik regu penolong Rusia bahkan juga tertembak jatuh dan mayat para korbannya ditahan oleh kelompok bersenjata. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL