peta jisr al-shughur suriahBeirut, LiputanIslam.com – Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) menyatakan sedikitnya 72 orang tewas dalam pertempuran kawanan bersenjata melawan tentara Suriah yang berusaha membebaskan sekitar 250 orang yang terkepung oleh teroris di rumah sakit kota Jisr al-Shughur, provinsi Idlib, di barat laut Suriah.  Bersamaan dengan ini sejumlah komandan al-Nusra dan anak buahnya terbunuh dalam pertempuran dengan tentara Suriah dan Hizbullah di kawasan Qalamoun.

Rabu lalu Presiden Suriah Bashar al-Assad menyatakan akan mengirim pasukan bantuan untuk menyelamatkan ratusan warga sipil dan militer yang terkepung sejak dua minggu lalu di rumah sakit tersebut.

SOHR yang bermarkas di London menyatakan para teroris memulai serangan masifnya bersamaan dengan gerak maju pasukan bantuan Suriah yang mendekati rumah sakit tersebut.

Seperti dilansir IRNA, Direktur SOHR Rami Abdulrahman menyatakan terjadi pertempuran sengit di sekitar rumah sakit itu, dan sejauh ini telah menewaskan 72 orang, 40 di antaranya adalah kawanan bersenjata sedangkan 32 lainnya adalah pasukan Suriah. Pertempuran dimulai sejak Minggu dini hari dan berlanjut hingga kawanan bersenjata dapat ditekan mundur Senin kemarin (11/5).

Menurutnya, 150 di antara 250 orang yang terkepung di rumah sakit adalah tentara Suriah yang beberapa di antaranya adalah para perwira dan keluarga mereka serta sejumlah pegawai sipil. Sedangkan kawanan bersenjata yang terlibat dalam penyerangan rumah sakit antara lain adalah kelompok teroris Front al-Nusra yang terafiliasi dengan al-Qaeda.

Sebuah kelompok aliansi teroris pada 25 April lalu berhasil menduduki Jisr al-Shughur setelah merebut kota Idlib dalam beberapa pekan terakhir.

Jisr al-Shughur merupakan kota kecil yang strategis karena dengan masuknya kawanan teroris ke kawasan itu maka mereka semakin mendekati perairan Laut Mediteranian untuk dapat mengakses dunia luar.

Sejumlah Pentolan Teroris Tewas di Qalamoun

Rai al-Youm melaporkan bahwa tentara Suriah yang didukung milisi Hizbullah berhasil menguasai sepenuhnya distrik Joroud al-Jabbah di Qalamoun, Suriah, setelah terlibat pertempuran sengit yang menewaskan sejumlah pentolan teroris.

Ttentara Suriah dan Hizbullah antara lain menguasai dua lokasi pelatihan teroris, yaitu kawasan al-Maisharah dan Kamil Sahlah al-Maisharah. Beberapa komandan teroris al-Nusra, yaitu Mohammad Kamud, Ali Hamud dan Mohammad Darwish dari distrik al-Sharkhah, Mostafa Hamadi dari Mu’dhamiyyah al-Sham,  serta Hasan Idris dan Ihab Hamus dari Hush Arab  dipastikan tewas bersama sejumlah petempur al-Nusra lainnya.

Jumat (8/5) lalu Hizbullah berhasil menguasai pegunungan Assal al-Ward dan Brital. Dalam peristiwa itu Hizbullah menyatakan jumlah anggotanya yang terbunuh hanya tiga orang, bukan 40-an orang seperti yang dikabarkan oleh beberapa media Arab berdasarkan klaim al-Nusra. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL