Syria-army-troopsDamaskus, LiputanIslam.com – Pasukan pemerintah Suriah memulai operasi serangan masif terhadap posisi-posisi kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah di provinsi Deir al-Zor di bagian timur Suriah, provinsi Hasakah di bagian timur laut, dan provinsi Aleppo di bagian utara.

Kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan bahwa tentara Suriah Ahad (14/9) telah menggempur beberapa tempat konsentrasi ISIS di kawasan kaya minyak Tel Hamis, provinsi Hasakah, menyebabkan sejumlah besar teroris tewas.

Pasukan Suriah juga mengebom posisi-posisi ISIS di kawasan Huwaiqah, Rushdiyah, al-Aradi, Muhasan, Mariiyyah dan al-Tabani di provinsi Der al-Zor mengakibatkan banyak anggota ISIS tewas.

SANA juga memberitakan telah terjadi pertempuran sengit antara kedua pihak di sekitar bandara militer Deir al-Zor.

Sedangkan di provinsi Aleppo, beberapa jet tempur Suriah membombardir posisi-posisi dan gudang-gudang senjata ISIS di kota Akhtarin di bagian utara dan al-Mansurah di bagian barat provinsi tersebut. Menurut SANA, serangan udara itu juga menjatuhkan banyak petempur ISIS tewas.

Masih di Aleppo, selain diserang jet tempur Suriah, ISIS juga terlibat pertempuran dengan Pasukan Perlindungan Rakyat Kurdi di kawasan Ain Arab di bagian utara Aleppo, mengakibatkan beberapa kendaraan militer ISIS hancur.

Bersamaan dengan ini provinsi Aleppo sejak beberapa hari terakhir diwarnai perang antarkelompok bersenjata sendiri dalam bentuk teror, penculikan, peledakan dan kontak senjata langsung. Dalam peristiwa terbaru, sebuah bom mobil meledak di salah satu posisi kelompok bersenjata yang menamakan dirinya Front Revolusi Suriah mengakibatkan beberapa anggota kelompok ini tewas dan sebagian lainnya cidera, termasuk tokohnya yang bernama Abu Amashi.

Sementara itu, kawasan permukiman Fauah yang mayoritas penduduknya bermazhab Syiah diterjang 20 peluru mortir, mengakibatkan dua penduduk tewas dan 10 lainnya cidera, beberapa di antaranya anak kecil. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL