Beirut, Damaskus, LiputanIslam.com –  Seorang pejabat Kurdi mengatakan kepada Reuters, Minggu (18/2/2018), bahwa pihak Kurdi menyetujui masuknya pasukan Suriah ke kota Afrin di bagian utara provinsi Aleppo, dan pasukan Suriah itu akan masuk dalam tempo dua hari ke depan.

Sumber-sumber “Pasukan Rakyat Suriah” menyatakan siap masuk ke kawasan Afrin untuk membantu milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) melawan pasukan Turki setelah mendapat instruksi dari pemerintah Damaskus.

Mereka mengatakan kepada DPA bahwa semua persiapan logistik sudah dilakukan untuk memasuki kawasan Afrin melalui dua distrik Nubl dan Zahra di bagian timur kawasan Afrin.

Menurut mereka, Pasukan Rakyat Suriah telah dibentuk dan menunggu instruksi dari pemerintah Suriah untuk terlibat dalam perang dan membantu YPG melawan pasukan oposisi Suriah yang bersekutu dengan tentara Turki dalam operasi militer “Tangkai Zaitun” terhadap YPG di Afrin dalam satu bulan terakhir.

Sumber-sumber media yang dekat pasukan pemerintah Suriah Sabtu lalu menyatakan bahwa pemerintah dan YPG menggalang kesepakatan setelah terjadi negosiasi yang sulit Rusia di Damaskus di mana pihak Rusia memutuskan pelibatan Pasukan Rakyat Suriah, bukan tentara Suriah. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*