suriah vs israelLondon, LiputanIslam.com – Kemenangan pasukan pemerintah Suriah atas kelompok-kelompok teroris dan pemberontak belakangan ini ternyata menimbulkan tekanan tersendiri bagi Rezim Zionis Israel.

Sebagaimana dilaporkan Rai al-Youm, Rabu (10/2), pengamat urusan Arab pada channel 2 Israel Ehud Yaari mengutip pernyataan para petinggi keamanan Israel bahwa pertempuran di kota Aleppo akan menentukan segalanya, dan bahwa “jatuhnya” kota ini ke tangan pasukan Suriah akan menamatkan riwayat pemberontakan anti Presiden Suriah Bashar al-Assad yang dimulai lima tahun silam.

Bersamaan dengan ini analis militer koran Haaretz, Amos Harel, juga mengutipkan keterangan sumber-sumber keamanan di Tel Aviv bahwa Israel lebih mengutamakan kontinyuitas adegan “saling gilas” di medan pertempuran Suriah tanpa ada yang menang dan yang kalah, dan harapan inilah yang kini ditekankan oleh sumber-sumber itu setelah pasukan Suriah meraih kemenangan di front utara Suriah dan ada ketakutan terhadap kemungkinan terjadinya kemenangan serupa di front selatan.

Harel menambahkan bahwa keberhasilan utama yang diraih oleh pemerintah Suriah dan sekutunya ialah terkepungnya para pemberontak di Aleppo dan boleh dibilang terputusnya jalur akses mereka ke perbatasan Turki.

Dia juga menyebutkan bahwa kendati kemenangan al-Assad itu terjadi jauh dari perbatasan Israel, namun mendapat sorotan tersendiri dari rezim Tel Aviv karena perkembangan ini menguntungkan “poros radikal” berupa aliansi Iran, Hizbullah Lebanon dan pemerintah Suriah.(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL