john kerryLondon, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry dalam pertemuan dengan Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura di London, Inggris, Selasa (19/7), meminta supaya upaya pasukan Suriah dan sekutunya mengepung kota strategis Aleppo dihentikan.

Sebagaimana dilaporkan situs Kementerian Luar Negeri AS, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS John Kirby mengatakan bahwa Kerry dan de Mistura sepakat bahwa kondisi di Suriah tidak seharusnya berlanjutnya seperti sekarang, dan Kerry meminta supaya upaya pengepungan dihentikan,

“Dia (Kerry) menekankan keharusan dihentikannya upaya pengepungan Aleppo maupun kota-kota lain yang sudah terkepung di Suriah, dan ingin mendapatkan kepastian mengenai akses kemanusiaan sepenunya di sana,” ujar Kirby.

Menurutnya, delegasi AS dan delegasi Rusia dalam waktu dekat ini akan mengadakan pertemuan untuk membicarakan perkembangan situasi di Suriah.

Menurut FNA, dalam dua pekan terakhir ini pasukan pemerintah Suriah berhasil menguasai satu-satunya jalur akses yang tersisa bagi kubu pemberontak dan teroris untuk mendatangkan senjata dan amunisi ke Aleppo.

Perkembangan situasi ini rupanya meresahkan negara-negara semisal AS yang selama ini mendukung pemberontakan dan terorisme di Suriah sehingga kini berusaha mencegah gerak maju pasukan Suriah dalam menekan musuh-musuhnya di Aleppo dan daerah-daerah lain. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL