pasukan suriah di aleppoDamaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Suriah dan sekutunya Jumat (12/2) berhasil merebut dua bukit strategis Dahrah al-Qar’ah dan Dahrah al-Qalandiyah di sisi utara Aleppo.  Demikian dilaporkan portal berita al-Ahed yang berbasis di Lebanon.

Dua bukit itu berada di dekat desa al-Tamurah dan terletak di barat daya distrik Zahra yang sebelumnya sudah dibebaskan oleh pasukan Suriah.

Sehari sebelumnya, pasukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) berhasil membebaskan bandara dan distrik Mang di sisi utara kota Aleppo dari cengkraman pasukan teroris Jabhah al-Nusra. Bandara militer milik pasukan pemerintah Suriah itu sangat strategis karena terletak di dekat kawasan perbatasan Azaz dan jalan rayanya berada di dekat perbatasan Turki.  Sebelum itu, YPG juga berhasil merebut distrik Deir al-Jamal di utara distrik Kafin di sisi utara Aleppo.

Menurut al-Ahed, pasukan Suriah dan sekutunya sejauh ini telah berhasil membebaskan 60 persen wilayah di sisi utara Aleppo serta menguasai penuh distrik Kafin yang terletak di utara distrik Mayer, berjarak 20 km dari perbatasan Turki, dan membuka akses menuju kawasan Azaz.

Dengan menguasai Kafin dan Mayer, pasukan Suriah menjadi semakin berkuasa atas wilayah perbatasan Suriah – Turki.

Seperti pernah diberitakan, setelah empat setengah tahun, gerak maju pasukan Suriah di wilayah utara negara ini pada Kamis pekan lalu berhasil membebaskan dua distrik penting Nubl dan Zahra serta memutus jalur transportasi lawan sehingga kepungan terhadap para teroris di dalam kota Aleppo menjadi semakin ketat.

Puluhan Anggota ISIS Tewas

Di kawasan lain, pasukan Suriah berhasil membabat 22 anggota kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Kantor berita resmi Suriah, SANA, menyebutkan bahwa puluhan teroris itu terbunuh di bangunan bekas kantor urusan imigrasi di kawasan Albu Kamal, provinsi Deir az-Zor, akibat operasi militer Suriah.

Selain itu, sebagaimana dikatakan sumber militer Suriah, tentara Suriah dan kelompok perlawanan rakyat negara ini di kawasan Albu Kamal telah menyerang sebuah mobil teroris mengakibat pejabat penjara ISIS bernama Abu Walid al-Muhajir yang berkewarganegaraan Tunisia tewas bersama tiga orang pengawalnya.

Serangan Udara Rusia

Jet-jet tempur Rusia juga gencar menggempur kawanan teroris di Suriah. Kantor berita Sputnik Rusia, Jumat (12/2), melaporkan pasukan udara negara ini pada satu pekan lalu menggempur sekitar  2000 posisi teroris di Suriah serta menewaskan dua petinggi ISIS.

“Jet-jet tempur Rusia sejak 4 hingga 11 Februari telah melakukan 510 kali penerbangan serta menggempur sebanyak hampir 2000 posisi teroris di Aleppo, Latakia, Hama, Deir az-Zor, Daraa, Homs, Hasakah, dan Raqqah. Dalam operasi ini dua petinggi ISIS juga tewas di provinsi Aleppo,” ungkap juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Koneshenkov.

Dia juga menyebutkan bahwa sembilan unit truk yang mengangkut logistik teroris di Homs hancur , sebanyak 40 teroris tewas, dan akibat operasi Rusia itu banyak teroris memilih kabur dari Aleppo. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL