pasukan suku yaman2Sanaa, LiputanIslam.com – TV al-Manar yang berbasis di Lebanon dalam berita segeranya pada Senin malam (4/5) menyebutkan bahwa pasukan suku-suku Yaman telah meringsek masuk ke wilayah Saudi dan berhasil menguasai empat kamp militer negara yang memimpin koalisi anti Yaman tersebut.

Berdasarkan keterangan sumber-sumber di Yaman, al-Manar memberitakan bahwa empat kamp militer Saudi itu terletak di kawasan Saudi yang berhadapan dengan kawasan al-Malahidh, Yaman. Laporan awal menyebutkan bahwa pasukan Yaman juga telah menawan beberapa tentara Saudi.

Suku-suku Yaman juga menyerang kawasan Jazan dan Najran di wilayah Saudi sebagai balasan atas serangan udara Saudi terhadap dua truk pembawa bahan makanan. Saat itu tentara Saudi juga telah menembakkan mortir ke beberapa area pertanian dan sejumlah kawasan kota Haradh, provinsi Hajjah, di bagian barat Yaman.

Di hari yang sama, gerakan Ansarullah (Houthi) dan komite revolusi Yaman berhasil mematahkan serangan pasukan maritim Saudi serta merampas satu kapal Saudi dan menawan semua awaknya.

“Pasukan Ansarullah berhasil mematahkan rencana serangan pasukan koalisi pimpinan Saudi melalui laut,” kata salah satu pemimpin Ansarullah, Adnan Hashim al-Qahtani, sebagaimana dikutip laman berita al-Maalomah.

Menurutnya, Yaman sedang berhadapan dengan rencana-rencana besar dan rumit pasukan koalisi yang “bertujuan membantu pasukan teroris sekaligus menumpas revolusi Yaman.”

Dia menjelaskan bahwa badan-badan keamanan Ansarullah yang sudah mendapat informasi sebelumnya mengenai rencana serangan laut Saudi itu segera melakukan pemantauan intensif terhadap kapal tersebut dari jarak sekitar 190 kilometer.

Laporan lain dari Alalam menyebutkan bahwa pada hari itu tentara Yaman berhasil menggagalkan penyusupan para teroris ke pusat-pusat dan instansi-instansi vital di Aden, selatan Yaman. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL