Baghdad, LiputanIslam.com – Hasan al-Sari, salah seorang komandan pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, menyatakan pihaknya mengantongi banyak informasi bahwa gembong kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi berada di kawasan Tal Afar, Irak utara.

Al-Sari menjelaskan bahwa berdasarkan informasi itu al-Baghdadi selama berada di kawasan tersebut tidak tinggal lama-lama di satu tempat melainkan selalu berpindah-pindah.

Dia juga menyebutkan bahwa tempat yang paling sering dia tinggali selama ini adalah kawasan timur Suriah, dan para petinggi ISIS telah dipindah dari Mosul ke negara lain pada bulan lalu.

“Al-Baghdadi sudah menjadi orang yang tak disukai oleh Syiah maupun Sunni (Irak), dan bahkan oleh bangsa-bangsa Arab dan Islam lainnya sehingga dia akan terbunuh, dan bahkan bisa jadi Israel yang akan membunuhnya agar Israel bisa memasuki konspirasi dan skenario baru,” ujarnya.

Al-Sari juga mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) dan Israel berada di balik gerilya al-Baghdadi dari tempat ke tempat lain.

“Al-Baghdadi adalah produk Israel-Amerika, karena itu kami yakin bahwa Amerika tidak akan memindahnya ke tempat lain tanpa sepengetahuan Israel, apalagi dia sudah tak berguna lagi bagi Amerika maupun Israel untuk kemudian keduanya berupaya memindahnya ke tempat lain,” tutur al-Sari.

Dia mengatakan bahwa operasi pembebasan kota kuno al-Khidr di selatan Mosul, Irak utara, merupakan prestasi besar pasukan al-Hashd al-Shaabi yang dibantu pasukan keamanan Irak. Kawasan al-Khidr merupakan mata rantai penghubung antara Suriah dan Irak serta Anbar dan Mosul. (mm/rayalyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL