Baghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, Minggu (4/6/2017), berhasil merebut kota kecil Baaj di barat Mosul dekat perbatasan Suriah dari cengkraman ISIS dalam serangkaian operasi penumpasan terorisi di berbagai wilayah yang masih menjadi sarang ISIS.

Pasukan Al-Hashd al-Shaabi dalam statemennya menyatakan  “Baaj telah dibebaskan secara total… dan ini merupakan keberhasilan yang istimewa dan besar.”

Sedangkan pasukan operasi bersandi “Qadimun Ya Nainawa” menjelaskan bahwa pasukan relawan berhasil membebaskan sepenuhnya kota Baaj dan mengibarkan bendera Irak di bangunan-bangunan di sana.

Al-Hasdh al-Shaabi pada 12 Mei lalu memulai sebuah operasi militer dengan bergerak menuju kota kecil Qirwan dan Baaj di barat Mosul, provinsi Nineveh, dekat perbatasan Suriah. Pada 23 Mei lalu mereka mengumumkan keberhasilannya membebaskan Qirwan.

Qirwan dan Baaj termasuk dua daerah strategis yang menghubungkan provinsi ini dengan perbatasan Suriah dan sempat lama menjadi pintu bagi para teroris ISIS di Irak dalam berhubungan dengan rekan-rekan mereka di Suriah.

Pada Oktober 2016 pasukan Irak memulai operasi militer besar-besaran untuk membebaskan Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, dari pendudukan ISIS. Setelah sekian bulan membebaskan Mosul timur, dewasa ini pasukan Irak telah menguasai 90-an persen Mosul barat dan  mengepung kawanan ISIS yang terjebak di kawasan yang tersisa.

ISIS menguasai banyak kota dan daerah di Irak setelah melancarkan serangan besar-besaran pada tahun 2014, tapi beberapa lama kemudian pasukan Irak berhasil merebut kembali berbagai kota dan daerah dan kini sedang menjalani tahap-tahap akhir pembasmian ISIS di Negeri 1001 Malam ini. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL