Baghdad, LiputanIslam.com –  Media center pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, Rabu (26/4/2017), mengumumkan keberhasilan pasukan ini membebaskan kota kuno al-Khidr di selatan Mosul, Irak utara, dari pendudukan kelompok teroris ISIS.

Kota ini terletak di tengah gurun di barat daya Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, dan merupakan salah satu pangkalan terbesar ISIS di Irak. Pasukan relawan berhasil menguasai kota ini setelah sempat mendapat perlawanan sengit dari ISIS.

Juru bicara pasukan relawan, Ahmad al-Asadi, mengatakan, “Di hari kedua operasi militer bersandi Mohammad Rasulullah, al-Hashd al-Shaabi  mengalami kemajuan pesat ke arah kota kuno al-Khidr, dan dengan pembebasan kota ini ISIS sudah semakin mendekati ajalnya di Irak.”

Dia menambahkan, “Kemarin sebanyak 12 desa di kedalaman 13 kilometer kota kuno al-Khidr telah bebas, dan dengan dukungan angkatan udara Irak pasukan al-Hashd al-Shaabi  bergerak maju menuju kota kuno ini dari beberapa front pertempuran.”

Dia juga menyebutkan bahwa puluhan teroris ISIS tewas dan banyak bom rakitan mereka telah disita dan dijinakkan.

Al-Hashd al-Shaabi memulai operasi pembebasan al-Khidr pada Senin lalu (24/4/2017) dengan bantuan angkatan udara Irak.  (mm/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL