pasukan kurdi YPGBeirut, LiputanIslam.com – Sedikitnya 30 anggota kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah tewas dalam pertempuran dengan para pejuang Kurdi Suriah di provinsi Hasakah di bagian timur laut Suriah.

Lembaga Pemantau HAM Suriah melaporkan telah terjadi pertempuran antara kedua belah pihak pada dini hari Kamis (25/12) setelah pasukan Kurdi melancarkan serangan sengit terhadap pasukan ISIS dengan tujuan merebut kembali desa Abu Qasaib di tenggara kota Qamishili.

“Dengan serangan ini para petempur Kurdi berhasil menguasai sebuah desa yang semula dikuasai oleh kawanan bersenjata ISIS yang datang ke Rif Hasakah Timur dari Irak setelah mereka menderita kekalahan bertubi-tubi dalam pertempuran dengan pasukan Kurdi Peshmerga di bagian barat laut Irak,” ungkap lembaga yang berbasis di London tersebut, sebagaimana dikutip Alalam.

Lembaga ini menambahkan, “Pertempuran ini menewaskan sekitar 30 anggota ISIS tewas, sedikitnya 16 di antaranya ada di tangan pasukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), dan tiga petempur Kurdi.”

Menurut lembaga yang dekat dengan kalangan opisis Suriah ini, milisi YPG juga berhasil merebut beberapa senjata dan amunisi ISIS.

Sehari sebelumnya, ISIS juga kehilangan komandan tempurnya di kota Kobane (Ain al-Arab), Abu Mus’ab al-Rimali. Pria itu asal Arab Saudi itu tewas ketika pasukan Kurdi menghadang beberapa bom mobil dan melumuhkan dua pelaku serangan bom bunuh diri ISIS di sebuah lokasi yang terletak di antara gedung Pusat Kebudayaan dan gedung Sekolah Yarmuk, Kobane.

Salah seorang komandan ISIS yang memiliki julukan Abu Mus’ab al-Amiri dalam pesan Twitternya mengakui ISIS sedang terdesak di Kobane. Bersamaan dengan ini, sumber-sumber milisi Kurdi di Kobane mengatakan bahwa puluhan anggota ISIS mulai melarikan diri menuju wilayah Turki setelah berulangkali terdesak dalam pertempuran.

Belum lama ini YPG menemukan terowongan sedalam 10 meter dengan lebar 2 meter yang digali pasukan ISIS di sebuah rumah di sebelah timur bangunan Pusat Kebudayaan. Terowongan itu digunakan ISIS untuk bergerak dari rumah ke rumah dalam pertempuran. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL