ypg-raqqa-tel-abyadTalAbyad, LiputanIslam.com –  Pasukan Perlindungan Rakyat Kurdi Suriah (YPG) Senin malam (16/6) mengumumkan pihaknya berhasil melancarkan tekanan hebat terhadap pasukan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Tal Abyad dan  berhasil merebut sebagian besar kota yang terletak di dekat perbatasan Suriah-Turki ini dari tangan ISIS yang sudah kehilangan jalur suplainya .

Juru bicara YPG Redur Khalil mengatakan pihaknya telah memasuki kota itu dari arah timur dan bergerak ke arah barat sambil terus bertempur sengit dengan kantung-kantung pertahanan ISIS.

“Kami optimis dalam beberapa jam ke depan kami akan dapat menguasai penuh Tal Abyad,” katanya kepada Associated Press (AP).

Fotografer AP di Akçakale, kota milik Turki dekat Tal Abyad mengaku melihat beberapa pejuang YPG melambaikan bendera mereka dan memberikan isyarat kemenangan. Sebelumnya, puluhan pejuang YPG bergerak ke arah barat menuju Tal Abyad.

Khalil memperkirakan para petempur ISIS yang berada di kota itu kabur ke arah Turki.

Jatuhnya Tal Abyad ke tangan pasukan Kurdi Suriah dinilai sebagai perkembangan yang sangat signifikan karena Tal Abyad merupakan kota terdekat dengan kota Raqqah yang selama ini dinyatakan ISIS sebagai ibu kota mereka.

Sejak lebih dari 10 hari lalu pejuang Kurdi Suriah melancarkan serangan hebat terhadap pasukan ISIS di kawasan sekitar Tal Abyad untuk membebaskan kota ini. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL