اكراد سوريا يطردون "داعش" من تل الابيض على حدود تركياTelAbyad, LiputanIslam.com – Pasukan perlindungan rakyat Kurdi Suriah (YPG) berhasil menghalau pasukan teroris ISIS dari kawasan al-Fauqani yang sempat dimasuki ISIS di kota Tel Abyad dekat perbatasan Suriah dengan Turki.

Alalam melaporkan ISIS terhalau setelah terjadi pertempuran yang menewaskan tiga pasukan Kurdi dan empat teroris ISIS.

Tel Abyad adalah kota yang telah direbut YPG dari tangan ISIS sejak dua pekan lalu. Sejak itu YPG menyatakan pihaknya telah menguasai secara penuh kota Tel Abyad dan menyingkirkan para anggota ISIS dari kota ini.

Juru bicara YPG Redur Khalil tanggal 15 Juni lalu menyatakan YPG sudah menguasai penuh kota itu, namun masih banyak pekerjaan yang harus ditangani berupa pembersihan banyak ranjau dan bom aktif yang ditebar ISIS di berbagai lokasi.

Di pihak lain, Presiden Turki Recep Tayyip Erdugan menyatakan khawatir terhadap gerak maju pasukan Kurdi di kawasan perbatasan Suriah – Turki, dan menganggapnya sebagai ancaman bagi masa depan Turki. Dalam rangka ini, Dewan Keamanan Nasional Turki belum lama ini telah menggelar rapat khusus untuk mempelajari kemungkinan intervensi militer Turki di Suriah “jika diperlukan”.

Pihak Kurdi Suriah menuding pemerintahan Erdogan membantu dan mempersenjatai ISIS. Para pemimpin partai Kurdi Suriah melontarkan kecaman pedas terhadap Erdogan dan partainya menyusul peristiwa serangan mematikan ISIS di kota Ain al-Arab (Kobane) dan Hasakah yang mayoritas penduduknya bersuku Kurdi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL