kurdi suriah PYDParis, LiputanIslam.com – Milisi Kurdi Suriah menegaskan kesiapannya terlibat dalam operasi militer pembebasan kota Raqqah yang sudah sekian lama menjadi markas besar kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Pasukan demokrasi Suriah siap membebaskan Raqqah bersama pasukan koalisi internasional,” ungkap Ketua Partai Uni Demokrasi Kurdi (PYD) Salih Muslim di Paris, seperti dilansir AFP, Jumat (1/4).
Dia juga mengimbau penduduk Arab kota Raqqah supaya bergabung dengan pasukan demokrasi Suriah yang berjumlah sekitar 40,000 – 50,000 personil.

“Pasukan Kurdi berusaha menguasai jalur sepanjang 70 km di timur laut Suriah yang menjadi satu-satunya jalur penyeberangan teroris ke wilayah Turki, karena dengan menguasai jalur ini maka tiga kawasan Kurdi Afrin, Kobane dan al-Jazira akan terhubung,” lanjutnya.

Pada awal tahun 2015 milisi Kurdi Suriah berhasil mengusir ISIS dari kota Kobane serta merebut banyak kawasan lain yang semula diduduki oleh ISIS.

Bulan lalu mereka juga berhasil merebut kawasan al-Shadadi, provinsi Hasakah, sehingga hubungan ISIS dengan kota Mosul di Irak utara terputus.
Dalam beberapa bulan terakhir ini pasukan pemerintah Suriah dan para sekutunya meraih banyak kemenangan dalam perang melawan kelompok-kelompok teroris.

Belum lama ini pasukan Suriah berhasil membebaskan kota kuno Palmyra, dan dengan demikian proses mereka untuk operasi pembebasan kota Raqqah semakin lancar.

Puluhan Anggota ISIS Tewas

Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM Kamis (1/4) menyatakan sebanyak 21 anggota ISIS tewas dihantam serangan udara di kota Deir al-Zor di timur Suriah.

“Tapi belum jelas pasukan udara negara mana yang telah menggempur pangkalan ISIS di kawasan al-Husainiyah, barat laut Deir al-Zor, itu,” ungkap lembaga tersebut, seperti dilansir Reuters.

Lembaga yang bermarkas di London, Inggris, ini menjelaskan bahwa 15 di antara 21 anggota ISIS yang tewas itu adalah warga negara asing.

Sementara itu, kantor berita resmi Suriah, SANA, menyatakan sedikitnya 30 anggota ISIS tewas dalam pertempuran dengan pasukan Suriah dan sekutunya di kawasan Hama dan Deir al-Zor serta kawasan sekitarnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL