peshmergaKairo, LiputanIslam.com –   Hasil uji laboratorium di lokasi-lokasi pertempuran antara pasukan Kurdistan Irak dan kawanan ISIS menunjukkan bahwa kawanan teroris takfiri bengis ini menggunakan gas beracun sulfur mustards dalam beberapa hari terakhir.

Seperti dikabarkan situs berita Kurdi Irak Rudaw, Sirwan Barzani, komandan pasukan Kurdistan Irak, Peshmerga, wilayah operasi Guar Makhmur, Jumat (14/8), mengatakan bahwa temuan itu didapat melalui hasil uji laboratorium yang dilakukan di bawah pengawasan pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS).

Dia menjelaskan bahwa sampel-sampel berupa kulit yang terbakar secara tidak normal yang dialami oleh sebagian anggota Peshmerga telah dikumpulkan dan diperiksa oleh para pakar dari AS dan Perancis.

Pembebasan Kawasan al-Madhiq

Pasukan keamanan Irak terus bergerak maju dan berhasil membersihkan kawasan al-Madhiq,  9 km timur kota Ramadi, provinsi Anbar, dari keberadaan gerombolan teroris ISIS. Demikian dilaporkan al-Sumaria News berdasarkan keterangan Adzal al-Fahdawi anggota parlemen daerah Anbar.

“Pasukan keamanan yang didukung pasukan udara Irak dan koalisi internasional  berhasil mensterilkan  kawasan al-Madhiq dari eksisensi para teroris ISIS. Pasukan keamanan telah menimpakan banyak kerugian besar pada ISIS,” katanya.

Secara terpisah, komandan kepolisian Anbar, Shakir Jawdat, menyataka tiga kendaraan logistik ISIS telah digempur oleh pasukan Irak di kawasan al-Madhiq.

“Brigade roket al-Asytar telah menggempur tiga kendaraan logistik ISIS di kawasan  al-Madhiq,” ungkapnya.

Tujuh Tentara Irak Terbunuh

Seorang petinggi keamanan Irak yang enggan disebutkan namanya menyatakan tujuh tentara Irak dan tiga warga sipil terbunuh terkena serangan teroris ISIS terhadap lokasi di bagian barat kota Baiji, 200 km utara Baghdad.

“Para teroris ISIS telahmelancarkan serangan bom bunuh diri di kawasan al-Hajaj, Albu Ta’mah dan al-Mazra’ah di kota Baiji dengan tujuan menjangkau jalur Baiji – Tikrit. Akibatnya, tujuh tentara dan tiga warga sipil terbunuh,” ungkapnya, seperti dilansir al-Youm al-Sabea.

Dia menambahkan bahwa pasukan keamanan yang dibantu pasukan udara berhasil menghalau serangan ISIS, dan beberapa kawasan akhirnya disterilkan dari keberadaan ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL