pasukan sudan di yamanAden, LiputanIslam.com – Sebanyak 400 pasukan bantuan Sudan dilaporkan telah tiba di kota Aden, selatan Yaman, untuk membantu milisi Yaman pro-presiden pengasingan Abd Rabbuh Mansour Hadi dalam perang melawan pasukan Ansarallah (Houthi) dan tentara Yaman pendukung mantan presiden Yaman Ali Abdullah Sholeh yang belakangan ini berhasil merebut kembali beberapa kawasan strategis di bagian selatan negara ini. Demikian dilaporkan AFP dan dikutip Rai al-Youm, Senin (9/11).

“Sebanyak 400 tentara Sudan sudah tiba di Aden,” ungkap sumber anonim sembari menyebutkan bahwa mereka datang untuk bergabung dengan 500 personil pasukan Sudan lain yang sudah tiba sebelumnya di kota itu pada 19 Oktober lalu dan tersebar di Aden dan pangkalan udara al-Anad di utara Aden.

Pasukan tambahan itu didatangkan sebagai persiapan untuk membendung serangan tentara Yaman dan milisi Ansarallah dua hari setelah pasukan Yaman ini berhasil merebut kembali beberapa kawasan strategis di bagian selatan Yaman yang sejak beberapa bulan lalu direbut oleh milisi pro-Hadi yang didukung pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi.

“Mobilisasi telah diumumkan di al-Dale’a,” ungkap pejabat kota al-Dale’a, ibu kota provinsi yang menggunakan nama yang sama. Mobilisasi diumumkan untuk merebut kembali kota Damat yang dikuasai tentara Yaman dan Ansarallah sejak akhir pekan lalu.

Laporan lain dari Alalam menyebutkan tentara Yaman dan Ansarallah kembali mencetak kemenangan dengan merebut beberapa kawasan baru, yaitu Gunung al-Ya’as yang membentang ke pangkalan udara al-Anad di provinsi Lahij setelah sebelumnya berhasil menguasai Damat, kota kedua terbesar di provinsi al-Dale’a dan merebut markas Brigade 117 dekat Bab al-Mandeb.

Dengan demikian, menurut Alalam, tentara Yaman dan milisi Ansarallah berhasil membuat terobosan besar menuju kota Aden dan dapat mendesak milisi pro-Hadi dan pasukan asing yang membantunya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL