Paris, LiputanIslam.com –  Juru bicara pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi, Mayjen Ahmad Asiri, menyatakan sejauh ini pihaknya masih belum berniat menyerang pelabuhan Hudaydah, Yaman.

Di sela-sela sebuah konferensi yang diselenggarakan di Paris, ibu kota Perancis, Jumat (14/4/2017), Asiri mengatakan, “Hudaydah dewasa ini bukanlah sasaran kami… Suatu hari ini pelabuhan ini harus kembali kepada kekuasaan pemerintah Yaman (presiden tersingkir Abd Rabbuh Mansour Hadi).”

Dia menambahkan, “Para pemberontak (pasukan  Ansarullah/Houthi) yang didukung oleh Iran mengirim senjata melalui Hudaydah meskipun pelabuhan ini secara parsial terblokade…. “

Dia kemudian menuding pasukan Ansarullah menyabotase dan memperdagangkan bantuan kemanusiaan yang dikirim kepada para korban perang Yaman.

“Bantuan kemanusiaan  yang dikirim ke pelabuhan ini tidak sampai kepada penduduk, melainkan dijual di pasar gelap… Kami meminta supaya para pengawas internasional disebar di sana supaya para pengirim bantuan kemanusiaan mendapatkan kepastian bahwa bantuan itu sampai ke warga sipil di berbagai kawasan yang dikuasai pemberontak,” tudingnya.

Disebutkan bahwa Maret lalu PBB menolak permintaan pasukan koalisi Arab supaya menugaskan para pemantau internasional ke Hudaydah yang dikuasai pasukan Ansarullah.

Pasukan koalisi Arab selama ini memblokade pelabuhan Hudayda dan memeriksa semua kapal yang menuju ke sana. Hal ini menyebabkan parahnya keterhambatan bantuan kemanusiaan, menurut International Crisis Group (ICG) . ICG juga mengutip keterangan PBB bahwa 90% barang impor khusus bagian utara Yaman yang dikuasai Ansarullah datang melalui Hudaydah.

Asiri mengklaim bahwa pasukan loyalis Hadi yang bersekutu dengan Saudi berhasil menguasai 80% wilayah Yaman berkat serangan udara Saudi dan sekutunya terhadap posisi-posisi Ansarullah dan sekutunya, tentara loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh, sejak 26 Maret 2015 sampai sekarang. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL