Baghdad, LiputanIslam.com –  Juru bicara pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) Kol. Joseph Scrocca memperkirakan jumlah anggota kelompok teroris ISIS di Mosul, Irak utara, kurang dari 1000 orang.

Sebagaimana dilansir AFP dia mengatakan tak sampai 1,000 anggota ISIS yang masih bercokol di kota di mana pasukan Irak yang dibantu pasukan koalisi internasional sedang bertempur hebat melawan kelompok teroris pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi tersebut.

“Jumlah mereka di awal serangan ke Mosul barat pada pertengahan Februari sekitar 2000 orang, dan sekarang kami meyakini jumlah mereka kurang dari 1000 orang,” ungkapnya, Kamis (30/3/2017).

Seperti diketahui, Mosul, kota terbesar kedua Irak yang dibelah oleh Sungai Tigris menjadi dua bagian timur dan barat , ini diduduki ISIS sejak 9 Juni 2014. Pasukan Irak sudah berhasil membebaskan bagian timurnya melalui operasi yang dimulai pada Oktober 2016. Selanjutnya, pada 19 Februari lalu pasukan Irak memulai operasi pembebasan Mosul barat.

Kamis kemarin pertempuran hebat berlangsung di sekitar Masjid Agung al-Nuri, Mosul barat, di mana pasukan Irak berhasil mematahkan serangan ISIS yang dilancarkan dari kawasan barat Masjid di kota lama ke arah komplek olah raga. Pasukan Irak dilaporkan telah mencapai lokasi dekat masjid dan pertempuran terus berlangsung di sana.

Sehari sebelumnya pasukan Irak berhasil mencetak kemajuan signifikan dengan mencapai kawasan Khush al-Khan dan semakin mendekati jalan Ghazi dan Ninawa.

Sementara itu, komando operasi Baghdad kemarin mengumumkan sedikitnya 10 orang terbunuh dan 19 lainnya luka-luka terkena ledakan bom truk tangki di gerbang selatan Baghdad, ibu kota Irak. Bom mobil ini diledakkan pelaku di tengah antrian mobil untuk diperiksa petugas.  (mm/irna/almayadeen)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL