isis-fighters3Ain al-Arab, LiputanIslam.com – Kawanan teroris bersenjata yang menamakan dirinya Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan semakin mendekati dan memperketat kepungannya terhadap kota Ain al-Arab di bagian utara Suriah di dekat perbatasan Turki.

Sebagaimana dilaporkan Alalam Selasa (20/9), lembaga Pengawas HAM Suriah menyatakan bahwa pasukan ISIS kini sudah mendekati Ain al-Arab dan jarak mereka sudah tinggal lima kilometer dari kota ketiga berpenduduk suku Kurdi Suriah setelah Qamishli dan Hasakah tersebut.

Lembaga yang dekat dengan kubu oposisi Suriah itu juga menyebutkan bahwa ISIS telah menembakkan lebih dari 15 peluru mortir hingga menjatuhkan beberapa korban tewas dan cidera. Menurut lembaga ini, tembakan itu merupakan yang pertama kali dilancarkan ISIS sejak mereka berusaha menguasai kota yang disebut warga Kurdi dengan nama Kobane itu.

Kemajuan pergerakan ISIS menuju Ain al-Arab dinilai mengejutkan karena terjadi ketika pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat dilaporkan sedang gencar menggempur posisi-posisi ISIS di Suriah. Naifnya lagi, serangan pasukan koalisi itu juga dilaporkan telah menjatuhkan banyak korban sipil Suriah di provinsi Deir al-Zor, provinsi Raqqah dan bagian utara provinsi Aleppo bagian utara.

Sejak ISIS berusaha menguasai Ain al-Arab merebak kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya tragedi pembunuhan massal jika kelompok teroris itu berhasil menguasai kota itu. Sebelum mendekati kota itu ISIS telah menguasai puluhan desa di sekitarnya dan menyebabkan puluhan ribu warga Kurdi ke berbagai wilayah, terutama daerah perbatasan Turki.

Sementara itu, pasukan Turki memperkuat keberadaan militer di wilayah perbatasannya yang dekat dengan kota Ain al-Arab. Sumber-sumber keamanan Turki menyatakan bahwa peralatan militer negara ini telah dikonsentrasikan di wilayah tersebut menyusul jatuhnya tiga peluru mortir dari wilayah Suriah ke sebuah desa di kawasan Sanliurfa, Turki. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL