Pasukan Israel di Dataran Tinggi Golan.

Beirut, LiputanIslam.com –  Sebanyak puluhan rudal telah dilesakkan dari wilayah Suriah dengan sasaran puluhan posisi militer Israel di Dataran Tinggi Golan hingga terdengar beberapa suara ledakan dan terjadi kebakaran di kawasan yang diduduki Israel tersebut, Rabu (9/5/2018).

Militer Israel menyerukan kepada semua orang di kawasan itu agar berkumpul di tempat-tempat perlindungan, dan menyebut Brigade al-Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) bertanggungjawab atas serangan itu. Militer Israel juga menyatakan kesiapannya menjalankan segala skenario.

Reporter Radio Israel melaporkan, “Pasukan Iran di Suriah telah melepaskan rudal-rudal itu dengan sasaran posisi-posisi militer Israel di Golan.” Radio ini juga menyebutkan bahwa beberapa rudal di antaranya dapat ditangkis oleh sistem pertahanan udara Israel, Kubah Besi.”

Di pihak lain, sumber-sumber militer “Poros Resistensi” dalam komentar pertamanya mengenai peristiwa ini menegaskan bahwa serangan terhadap Israel akan semakin menghebat jika Israel bereaksi atas serangan ini.

Posisi-posisi militer Israel yang mendapat serangan adalah pusat pemantauan teknis dan elektronika, pusat perbatasan rahasia dari Unit 9900, markas pemantauan komunikasi, landasan helikopter, stasiun-stasiun komunikasi dan radarn, dan pusat pemantauan unit peluru kendali berakurasi tinggi untuk operasi darat.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa militer Israel membalas dengan melesatkan dua mortir ke kota al-Baath di Quneitra, Suriah selatan.

Tidak ada laporan mengenai adanya korban dalam peristiwa ini.

Selasa malam lalu sistem pertahanan udara Suriah merontokkan dua rudal Israel di kawasan al-Kiswah, provinsi Damaskus. (mm/sana/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*