مسلحو "داعش" يسيطرون على مبنى محافظة نينوىMosul, LiputanIslam.com – Memasuki hari keempat pertempuran di kota Mosul, Irak, gerilyawan bersenjata Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL) dilaporkan telah menguasai kantor gubernur Ninawa di kota yang terletak di 405 km utara kota Baghdad tersebut.

“Milisi ISIL telah menguasai kantor gubernur Ninawa di pusat kota Mosul sejak Senin malam serta menyebar secara luas di sisi kanan dan kiri kota ini,” ujar sebuah sumber kepolisian provinsi Ninawa kepada al-Sumariya Selasa (10/6/2014).

Dia menambahkan bahwa menyebarnya kelompok bersenjata itu terjadi setelah mereka terlibat kontak senjata sengit dengan aparat keamanan Irak di berbagai kawasan Mosul, terutama di kawasan sekitar gedung gubernur. Mereka juga menguasai bandara Mosul dan gedung channel televisi Sima al-Musil dan channel Ninawa al-Ghad.

Laporan lain dari Reuters yang dikutip al-Alam menyebutkan, sejumlah perwira militer Irak mengatakan bahwa para ekstrimis sedang menguasai sisi barat kota Mosul kemudian bergerak ke arah selatan kota, terutama ke arah pangkalan militer yang di dalamnya terdapat landasan udara militer dan sebuah penjara yang dijaga ekstra ketat.

“Jika tidak didukung pasukan tambahan maka bisa jadi dalam beberapa hari ke depan Mosul akan jatuh ke tangan mereka,” ujar seorang petinggi keamanan dari pusat operasi Ninawa.

“Posisi kelompok bersenjata ISIL sekarang hanya tinggal sekitar tiga kilometer dari pangkalan militer al-Ghazlani,” tambah petinggi keamanan yang tidak disebutkan namanya itu.

Polisi dan para pejabat setempat mengatakan bahwa para ekstrimis memblokir jalan-jalan untuk mencegah tentara Irak menguasai kembali kawasan-kawasan yang mereka duduki.

Sejak Jumat dini hari lalu Mosul diserbu gerilyawan ISIL hingga terjadi pertempuran sengit antara mereka dan pasukan keamanan Irak. Puluhan orang dilaporkan tewas dalam pertempuran. Selain itu ribuan penduduk terpaksa mengungsi ke kawasan yang lebih aman. (mm/alsumaria/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL