paspor-turki-di-isisBaghdad, LiputanIslam.com – Pasukan Irak yang berjuang untuk membebaskan kota Mosul dari cengkraman kelompok teroris ISIS telah menemukan sebuah paspor milik seorang perwira Turki yang diduga telah bekerja sebagai penasehat militer ISIS di Irak.

Pasukan Irak tidak menyebutkan nama perwira Turki itu karena faktor keamanan, tapi memastikan bahwa ini bukan kali pertama paspor Turki ditemukan sehingga menjadi bukti kuat adanya komunikasi intelijen dan keamanan Turki dengan ISIS.

Turki sudah lebih dari satu tahun menempatkan pasukannya di Irak dengan dalih membela warga Sunni. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersikukuh menempatkan pasukannya itu juga dengan dalih memerangi ISIS, meskipun dihujani kecaman keras dari pemerintah, parlemen dan berbagai kelompok Irak. Mereka berulangkali menyebutkan keberadaan pasukan Turki di Irak utara sebagai aksi pendudukan.

Perdana Menteri Irak Haider Abadi, Selasa (8/11/2016), kembali mengecam intervensi militer Turki di Irak dan menilainya tak beralasan sama sekali dan semata dimaksudkan untuk memprovokasi Irak.

Mengenai operasi pembebasan Mosul, dia memastikan ISIS sudah loyo dan tak berdaya menghadapi serangan pasukan Irak sehingga yang menjadi andalan ISIS adalah serangan bom bunuh diri.

Dia juga menyatakan  pihaknya sudah membuat perencanaan yang matang untuk pengelolaan provinsi Nineveh pada pembebasannya dari tangan ISIS nanti. Selain itu Baghdad juga bekerjasama dengan Damaskus menyangkut keamanan perbatasan Irak dengan Suriah. (mm/farsnews/almayadeen)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL