Mosul, LiputanIslam.com –  Pasukan Irak menyatakan pihaknya menyerbu distrik al-Abar dan al-Tanak, Mosul Barat, Rabu sore 912/4/2017), menyusul pertempuran sengit melawan kelompok teroris ISIS. Pasukan udara Irak menyatakan 15 anggota ISIS, beberapa di antaranya berstatus komandan, tewas di provinsi Nineveh.

Abdul Ghani al-Asadi, komandan Pasukan Kontra-Terorisme Irak menyatakan pasukan elitnya kemarin memulai serbuan ke distrik Abar dan Tanak, Mosul barat.

“Hasil-hasil awal proses operasi militer ini positif, ISIS menderita kehancuran setelah tertimpa kerugian jiwa dan perlengkapan pada jam-jam pertama konfrontasi… Para komandan Pasukan Kontra-Terorisme memantau langsung proses kontak senjata melawan organisasi teroris Daesh (ISIS)… Faktor waktu tidaklah penting untuk pencapaian kemenangan, demi keselamatan penduduk dan meminimalisasi jumlah korban di antara mereka,” ungkap al-Asadi.

Dia menambahkan bahwa ISIS sudah tidak lagi berhadapan langsung dalam kontak senjata dengan pasukan kontra terorisme Irak akibat kekurangan jumlah kombatan teroris.

“Mereka mulai mengandalkan sekelompok sniper yang naik ke atap-atap bangunan rumah dan menghambat gerak maju pasukan Irak, namun pasukan Irak sudah membuat rencana dalam menyiasati mereka,” lanjut al-Asadi.

Sementara itu, angkatan udara Irak menyatakan pihaknya berhasil menghabisi 15 anggota ISIS, beberapa di antaranya berstatus komandan, di distrik al-Khidr, provinsi Nineveh.

Mosul, kota terbesar kedua Irak yang dibelah oleh Sungai Tigris menjadi dua bagian timur dan barat , ini diduduki ISIS sejak 9 Juni 2014. Pasukan Irak sudah berhasil membebaskan bagian timurnya melalui operasi yang dimulai pada Oktober 2016. Selanjutnya, pada 19 Februari lalu pasukan Irak memulai operasi pembebasan Mosul barat. (mm/anadolu)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL