Mosul, LiputanIslam.com –  Pasukan Irak berhasil merebut kembali bangunan penjara di barat laut Mosul, yang diduga menjadi tempat kelompok teroris ISIS mengeksekusi ratusan orang dan menyekap kaum wanita sekte Yazidi.  Bersamaan dengan ini dikabarkan bahwa gembong ISIS Abu Bakar al-Baghdadi telah kabur dari Mosul ke kawasan gurun.

Pasukan operasi gabungan Irak dalam statamennya, Rabu (8/3/2017), menyatakan pasukan Divisi 9 Lapis Baja Irak dan milisi Firqah al-Abbas berhasil menguasai Penjara Badush, namun tidak memberi keterangan mengenai apakah dalam penjara itu terdapat para korban penyekapan ISIS.

Human Right Watch melaporkan bahwa ISIS pernah membunuh sekira 600 orang yang disekap dalam Penjara Badush pada Juni 2014. Saat itu para korban dipaksa berjalan merunduk lalu dijatuhkan ke sebuah lembah dan mayat mereka dibakar.

Anggota parlemen Irak Fiyan Dakhil mengatakan bahwa ISIS menyekap lebih dari 500 perempuan penganut sekte Yazidi di penjara Badush.

Sementara itu, sumber-sumber intelijen Irak menyatakan bahwa pemimpin besar ISIS Abu Bakar al-Baghdadi kabur dari Mosul ke kawasan gurun terpencil di sekitar perbatasan Irak-Suriah.

Para pejabat Irak dan Amerika Serikat (AS) meyakini al-Baghdadi telah meninggalkan Mosul sehingga pasukan teroris ISIS kini dikendalikan oleh jajaran kedua petinggi ISIS.

Disebutkan bahwa al-Baghdadi berada di daerah suku-suku pedalaman di utara Sungai Furat, bukan di pangkalan militer ISIS.

Para pejabat intelijen AS dan Irak menyatakan bahwa sejak dimulai operasi pembebasan Mosul awal November lalu ISIS tidak merilis statemen apapun mengenai perang Mosul, dan ini menandakan bahwa al-Baghdadi tak ada di Mosul.

Sebelumnya, laporan terbaru mengenai al-Baghdadi dipublikasi oleh pasukan Irak pada 13 Februari lalu. Saat itu dikabarkan bahwa jet tempur F-16 milik Irak telah menggempur sebuah rumah di kawasan Biaj di daerah perbatasan Irak-Suriah ketika rumah ini menjadi tempat pertemuan al-Baghdadi dengan sejumlah petinggi ISIS.

Para pakar keamanan Irak menyatakan serangan udara Irak sejauh ini telah menewaskan lebih dari 40 petinggi ISIS. (mm/raialyoum/skypress)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL