perang minyak irakBaghdad, LiputanIslam.com – Pasukan Irak terus bergerak maju di kawasan selatan Mosul, Irak utara, dan berhasil merebut enam sumur minyak dari cengkraman pasukan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Selasa kemarin (23/8/2016). Demikian dinyatakan juru bicara pasukan kontra-terorisme Irak Sabah al-Noman, sebagaimana dilansir Asharq al-Awsat.

Dia juga mengatakan bahwa pasukan Irak berhasil menerobos masuk ke pusat kawasan Qayyarah di selatan Mosul melalui serangan yang menewaskan puluhan anggota ISIS dan menghancurkan beberapa bom mobil kelompok teroris berhaluan takfiri ini.

Seorang pejabat Irak lainnya mengatakan pasukan Irak berhasil memblokir jalur strategis Qayyarah menuju Mosul yang selama ini digunakan oleh ISIS.

“Pertempuran antara pasukan Irak dan anggota ISIS di dalam wilayah Qayyarah masih berlanjut,” katanya.

Pasukan Irak mulai masuk ke wilayah itu melalui empat arah pada Selasa pagi kemarin, dan pada tengah harinya mereka berhasil memasuki pusat wilayah Qayyarah, 60 km utara Mosul, serta mengibarkan bendera negara ini di atas bangunan tertinggi yang ada di sana.

Beberapa hari lalu pasukan Irak telah mengumumkan kepada penduduk Qayyarah supaya segera mengungsi ke dua lokasi yang sudah disediakan di luar wilayah tersebut.

Operasi militer pasukan Irak untuk mengusir ISIS dari wilayah itu dimulai sejak 28 Juni lalu, dan pada tanggal 9 Juli lalu mereka berhasil merebut pangkalan udara strategis Qayyarah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL