pasukan irak di ramadi2Baghdad, LiputanIslam.com – Pasukan Irak berhasil memutus sebagian besar jalur suplai kelompok teroris takfiri ISIS dan menumpas banyak pasukan ISIS di Fallujah. Demikian dikatakan juru bicara Kementerian Pertahanan Irak, Yahya Abdul Rasul, Senin (20/7), sebagaimana dilansir situs berita Rudaw.

Dia menjelaskan bahwa tentara dan pasukan keamanan setempat sedang terlibat pertempuran jarak dekat dengan ISIS dekat Universitas Anbar di bagian barat Ramadi, dan pasukan Irak dapat memutus jalur suplai senjata dan tansportasi ISIS antara Ramadi dan Fallujah.

“Jet-jet tempur terus menggempur posisi-posisi ISIS di Fallujah dan Ramadi, dan ini membantu pasukan darat untuk mencapai kemajuan dalam serangan,” katanya.

Alsumaria News mengutip keterangan komandan kepolisian federal Irak Shakir Judat bahwa markas komando operasi ISIS di Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, hancur digempur pasukan Irak.

“Ada puluhan anggota ISIS tewas dan luka-luka, dan tujuh mobil mereka luluh lantak,” katanya.

Pasukan Irak melancarkan serangan besar-besaran terhadap ISIS di Anbar sejak pekan lalu.

Laporan lain dari situs Vice Sports menyebutkan bahwa sehari setelah pasukan Irak merebut kembali Stadium Olimpiade Ramadi, ISIS menghancurkan bangunan besar itu dengan bahan peledak yang didetonasi dari jarak jauh.

Disebutkan bahwa stadion berkapasitas 30.000 penonton itu sudah kosong dari pasukan keamanan dan militer sejak beberapa hari yang lalu.

Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Amerika Amerika Serikat Jenderal Martin Dempsey yang tiba di Irak Ahad lalu (19/7) mengatakan operasi pembebasan Ramadi dari teroris ISIS akan dimulai dalam waktu dekat. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL