pasukan irak hitBaghdad, LiputanIslam.com – Komando operasi gabungan pasukan Irak di provinsi Abar, Irak barat, mengumumkan bahwa operasi pembebasan kota Hit di barat laut Ramadi, ibu kota Anbar, sudah dimulai.

Menurut laporan IRNA, dalam statemennya Kamis (31/3) pasukan Irak meminta penduduk kota Hit menjauhi markas dan pangkalan-pangkalan kelompok teroris ISIS karena tempat-tempat itu akan menjadi sasaran serangan militer Irak.

Disebutkan pula bahwa operasi ini melibatkan satu-satuan Pasukan Kontra-Terorisme, Divisi 16 dan Angkatan Udara Irak. Selain itu pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat juga terlibat.

Pada 27 Desember 2015 pasukan Irak berhasil membebaskan kota Ramadi dari cengkraman ISIS, dan sejak itu sampai sekarang pasukan Irak menggelar operasi anti ISIS di berbagai kawasan sebelah barat dan timur Ramadi.

Laporan lain dari kantor berita Irak, INA, menyatakan bahwa Rabu (30/3) sebanyak 246 kepala keluarga (KK) sudah dapat dipulangkan ke kampung halaman masing-masing yang sebelumnya di kuasai ISIS di Ramadi.

Pejabat Kementerian Imigrasi Irak di provinsi Anbar Mohammad Rasheed mengatakan, “96 kepala keluarga pengungsi sudah pulang dari provinsi Baghdad dan Arbil ke kampung halaman masing-masing di desa Jubaibah, al-Surah dan Hasibah di timur Ramadi.”

Dia melanjutkan, “Baru-baru ini sebanyak 150 KK juga sudah pulang ke desa Zangurah di barat Ramadi, dan dengan demikian jumlah total kepala keluarga yang sudah pulang ke kampung halaman pasca pembebasan dari cengkraman ISIS dewasa ini mencapai 6,959 KK.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL