irak pembebasan ramadiBaghdad, LiputanIslam.com – Pasukan Irak berhasil menerobos masuk ke pusat Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, Irak yang sejak beberapa bulan lalu diduduki oleh gerombolan teroris ISIS.

Sebagaimana dilansir Anatolia, Komandan Operasi Anbar, Mayjen Ismail al-Mahallahi, Minggu kemarin (1/11), menyatakan pasukan Irak berhasil masuk ke pusat kota Ramadi setelah dapat melewati sebuah jembatan strategis di bagian utara kota ini.

“Pasukan Irak hari ini berhasil menyerang pusat kota Ramadi dan menyerbunya dari semua arah, terutama poros utara dari Jembatan Albu Faraj. Pasukan Irak melewati jembatan ini menuju pusat kota, dan sekarang mereka sudah berada di sana,” katanya kepada Anatolia.

Dia menambahkan bahwa pertempuran berlangsung sengit antara pasukan Irak dan kawanan teroris ISIS.

Dalam keterangannya kepada al-Sumaria News dia menjelaskan pasukan Irak masuk ke pusat kota Ramadi dengan bantuan serangan pasukan udara Irak yang mengerahkan pesawat Sukhoi buatan Rusia.

Dewan Kota Khalidiyah Minggu pagi kemarin menyatakan pasukan Irak melancarkan operasi militer dari semua arah munuju pusat kota Ramadi untuk membebaskan kota ini dari cengkraman teroris ISIS. Operasi itu sempat tertunda dua hari akibat cuaca buruk.

Perdana Menteri Irak Haider Abadi mengatakan negaranya berhasil mencetak kemenangan-kemenangan besar dalam pertempuran, meskipun sedang dilanda krisis keuangan. Dia juga mengatakan bahwa Baghdad dari segi keamanan militer terjamin 100 persen. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL