irak baiji_refineryBaghdad, LiputanIslam.com – Para pejabat Irak Jumat (14/11) mengumumkan pasukan negara ini berhasil menguasai penuh kota strategis Baiji, membersihkannya dari keberadaan kawanan teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), dan menyudahi kepungan teroris terhadap kilang minyak terbesar Irak yang ada di sana.
“Pasukan Irak berhasil merebut kembali secara total kota Baiji,” kata Ahmed al-Krayim, Ketua Dewan Provinsi Salahudin kepada AFP, sebagaimana dikutip Skynews.

Berdasarkan keterangan Abdul Wahab al-Saadi, komandan pasukan Irak yang ditempatkan di Baiji, TV pemerintah Irak juga membenarkan peristiwa pembebasan kota tersebut.

Dalam serbuan ke bagian utara Irak, pasukan ISIS berhasil menguasai beberapa kawasan, termasuk kota Baiji dan mengepung kilang minyak di sana. Dalam beberapa bulan terakhir pasukan Irak terus beroperasi untuk memecah kepungan terhadap kilang yang pernah memenuhi 50% kebutuhan minyak dalam negeri Irak tersebut.

Belakangan mereka menerapkan strategi baru dengan bergerak menuju kota ini dari arah barat setelah sebelumnya hanya bergerak dari arah selatan, hingga kemudian berhasil membebaskannya dari keberadaan kelompok teroris pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi tersebut.
Sebelum pembebasan Baiji secara total, pasukan Irak sudah memasukinya sejak 31 Oktober lalu setelah melewati tahap-tahap gerakan yang lambat akibat banyaknya bom dan ranjau yang ditanam pasukan ISIS di jalur yang mengarah ke Baiji.

Keberhasilan ini menjadi kemenangan signifan baru bagi pasukan Irak dalam upayanya menumpas pasukan teroris ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL