Mosul, LiputanIslam.com –  Sumber-sumber berita Irak Selasa malam (14/3/2017)  menyatakan pasukan Negeri 1001 Malam ini berhasil menguasai sepenuhnya bagian timur Sungai Tigris di kota Mosul, Irak utara, setelah berhasil membebaskan dua desa dari pendudukan kelompok teroris takfiri ISIS.

Media Perang Irak melaporkan bahwa pasukan negara ini telah membebaskan desa Sheikh Mohammad dan Jamaliah di timur kawasan Badush, dan kini mereka sedang menggelar operasi sapu bersih bom dan ranjau yang ditebar ISIS di dua desa itu dan di bagian timur Sungai Tigris.

Bersamaan dengan ini Kepala Kepolisian Federal Irak Letjen Raid Shakir Jawdat mengumumkan pihaknya berhasil menghabisi pentolan ISIS bernama Abdulrahman al-Ansari dalam operasi pembebasan distrik Bab al-Tub di kota lama Mosul.

Disebutkan pula bahwa pasukan Irak telah berhasil membebaskan beberapa bagian dari distrik ini, termasuk area pabrik semen Mosul di bagian tenggara kota ini.

Laporan lain menyebutkan pasukan Irak terlibat pertempuran sengit di jalanan dekat Masjid Agung al-Nuri di kota lama Mosul, tempat gembong ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, pada tahun 2014 muncul untuk pertama kalinya  mendeklarasikan “negara kekhalifahan” ISIS di wilayah yang mereka duduki di Irak dan Suriah.

Mayor Ali Abdul Latif, seorang komandan polisi Irak mengatakan, “Pasukan Irak telah membebaskan bangunan perusahaan umum semen, dekat kawasan Bab al-Tub, bagian tenggara kota lama Mosul, bergerak maju di jalan al-Kurnish, membebaskan secara total dan menguasai jembatan lama.”

Perwira polisi Irak lainnya, Letkol Mohammad Azizi, menjelaskan, “Dengan bebasnya jembatan lama maka tiga dari total lima jembatan Mosul telah berhasil dibebaskan secara penuh dari pendudukan ISIS, dan gerak maju pasukan terus berlanjut untuk pembebasan lokasi-lokasi penting lainnya.”

Dia menambahkan dalam pertempuran yang terjadi jalan al-Kurnish sebanyak 18 teroris tewas, dan dua serangan bom mobil berhasil digagalkan.

Seperti diketahui, sejak 19 Februari lalu pasukan Irak memulai lagi operasi militer besar-besaran untuk menumpas ISIS di bagian barat Mosul setelah pembebasan Mosul timur pada Januari lalu. Hingga kini pasukan Irak terus bergerak maju menggempur ISIS di Mosul barat. (mm/alahed/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL