Baghdad, LiputanIslam.com –  pasukan Irak telah merebut bandara internasional Mosul di selatan kota ini dari tangan gerombolan teroris ISIS, Kamis (23/2/2017). Dilaporkan bahwa pasukan reaksi cepat Irak telah memasuki area dan bangunan bandara strategis tersebut bersama mesin-mesin perang dan tim jihandak.

Di sebutkan bahwa dua bangunan utama telah dihancurkan oleh ISIS dan pasukan Irak menemukan sejumlah bom mobil yang diparkir di lokasi strategis di titik masuk dan sepanjang landasan pacu.

Kompleks bandara dan Pangkalan al-Ghazlani yang meliputi barak dan lapangan pelatihan berada di area dekat  jalan raya Baghdad-Mosul diduduki kawanan teroris ISIS saat mereka menguasai Mosul pada Juni 2014.

Operasi pembebasan Mosul barat melibatkan 100,000 personil pasukan dan dimulai sejak awal pekan ini.

Para pakar militer Irak menyebutkan bahwa misi tahap awal operasi ini ialah pembebasan Bandara Mosul dan Pangkalan al-Ghazlani di selatan kota kini dan berjarak sekira 30 km dari tepi barat Mosul.

Utusan Amerika Serikat pada pasukan koalisi anti-ISIS, Bret McGurk menyatakan selamat atas kemenangan pasukan Irak.

“Selamat untuk pasukan Irak atas penuntasan manuver operasinya yang rumit untuk mengamankan #bandara Mosul dari #teroris ISIS. #ISIS sekarang terperangkap,” cuitnya.

Mosul yang merupakan kota kedua terbesar atau paling padat penduduk di Irak terbelah oleh Sungai Tigris menjadi dua bagian barat dan timur.

Pasukan Irak memulai operasi militer besar-besaran untuk pembebasan Mosul sejak 17 Oktober 2016, dan pada 24 Januari lalu komando pasukan gabungan Irak mengumumkan keberhasilannya membebaskan Mosul timur secara total. (mm/alsumarianews/aljazeera/cnn)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL