isis-cukuri-jenggot-di-mosulArbil, LiputanIslam.com –  Dentuman senjata artileri dan kecamuk peluru senapan sudah mencapai  pinggiran kota Mosul, Irak utara, pertanda bahwa pertempuran sudah semakin merambat menuju kota ini. Bersamaan dengan ini, para anggota ISIS dilaporkan mulai mencukuri jenggot mereka dan mengubah lokasi kantor pusat mereka agar tak mudah terdeteksi oleh pasukan Irak.

“Saya melihat beberapa anggota DAESH (ISIS), dan mereka tampak sudah benar-benar berbeda dengan  mereka yang saya lihat terakhir kali,” ungkap Abu Saif, warga bagian timur Mosul.

Mantan pengusaha itu menambahkan, “Mereka memangkasi jenggot mereka dan mengubah pakaian mereka. Mereka tentunya ketakutan dan bisa jadi mempersiapkan diri untuk kabur meninggalkan kota.”

Pejabat Irak mengkonfirmasi laporan warga bahwa banyak kawanan teroris beraliran Salafi/Wahabi itu  pindah dari sisi timur ke sisi barat yang dekat sungai Tigris dan rute pelarian diri menuju Suriah.

Sebanyak 4000 ribu kombatan ISIS diduga masih bercokol di dalam kota Mosul yang menjadi “ibu kota” ISIS, sementara sekira 30,000 pasukan Irak yang terdiri atas tentara dan polisi, milisi kurdi Peshmerga, pasukan adat Sunni, dan relawan Syiah siap merebut kembali kota kedua terbesar di Irak tersebut.

Komandan pasukan kepolisian federal Irak  mengatakan bahwa pasukan kepolisian sudah berada di gerbang Mosul, tapi tidak disebutkan di sisi mana gerbang itu berada, sementara komando pasukan gabungan Irak melaporkan bahwa pasukan kontra-terorisme telah mencapai daerah permukiman pertama yang berjarak 4 km dari Mosul.

“Prestasi pasukan Irak dalam 10 hari pertama operasi pembebasan Mosul sangat berharga, dan pasukan kontra-terorisme sekarang sudah mendekati gerbang-gerbang kota ini,” ungkap jubir pasukan gabungan, Yahya Rasul, Kamis (27/10/2016).

Dia menambahkan bahwa pasukan kontra-terorisme di front timur sudah mendekati suatu kawasan yang merupakan salah satu perkampungan pertama kota ini.

Operasi pembebasan Mosul yang dimulai 17 Oktober lalu sejauh ini telah berhasil membebaskan sekira 93 desa dan daerah serta menghabisi sedikitnya 1000 anggota ISIS. Diperkirakan pertempuran masih akan menelan waktu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan lagi.  (afp/alfuratnews/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL