Baghdad, LiputanIslam.com –  Tentara Irak, Minggu (27/8/2017), mengaku sudah hampir menguasai seluruh bagian kota Tal Afar yang menjadi markas besar terakhir kawanan teroris takfiri ISIS di Negeri 1001 Malam ini.

Militer Irak dalam statemennya menyarakan pasukan negara ini sudah menguasai 29 distrik di Tal Afar setelah bertempur selama delapan hari.  Jubir militer Irak Brigjen Yahya Rasul, seperti dikutip Reuters, menjelaskan bahwa pertempuran dewasa ini ini berlangsung di kawasan al-Iyadiyah seluas hanya 11 km persegi di bagian barat laut kota Tal Afar, karena di sana kawanan teroris ISIS terjebak, dan dengan demikian pasukan Irak tinggal membebaskan kawasan ini untuk mengumumkan keberhasilannya menguasai penuh kota di barat Mosul, Irak utara, tersebut.

Dilaporkan bahwa tentara Irak dan pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi berhasil membebaskan distrik al-Askari, distrik al-Sinaah utara serta kawasan al-Muarid, Bawabah Tal Afar, dan desa al-Rahmah sehingga yang zona operasi bersandi “Qadimun, Ya Nainawa” (Kami Datang, Wahai Nainawa) itu kini tinggal kawasan al-Iyadiyah dan beberapa desa di sekitarnya.

Militer Irak menyatakan bahwa pasukan Irak terus bergerak ke al-Iyadiyah untuk membebaskan wilayah ini secara total.

Perdana Menteri Irak Haider Abadi pada 20 Agustus lalu mengumumkan operasi pembebasan Tal Afar yang dikuasai ISIS sejak musim panas 2014. Sumber-sumber militer menyatakan bahwa kawanan teroris yang berada di Tal Afar saat itu berjumlah sekira 2000 orang melawan puluhan ribu pasukan Irak. (mm/alam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL