pasukan-irak-di-mosulMosul, LiputanIslam.com –  Pasukan Irak berhasil menghabisi 60 anggota kelompok teroris takfiri ISIS di utara Mosul. Demikian dinyatakan oleh Ali al-Fariji, kepala poros utara operasi pembebasan provinsi Nineveh dari pendudukan ISIS, Rabu (28/12/2016).

“Divisi 16 angkatan bersenjata Irak berhasil menangkal serangan teroris ISIS ke kawasan Baawizah di utara Mosul. Dalam kontra-serangan ini sebanyak 60 teroris tewas,” ungkap al-Fariji.  Dia juga menyebutkan sebanyak lima bom mobil ISIS yang dikemudikan oleh teroris pembawa misi serangan bom bunuh diri ISIS hancur.

Sehari sebelumnya, pasukan intelijen militer Irak dalam operasinya di kawasan Gukjali di timur kota Mosul berhasil mengidentifikasi enam tempat yang digunakan oleh ISIS sebagai pabrik bom dan pembuatan bom mobil.

Di tempat-tempat itu ditemukan ratusan bom, peluru mortirm dan amunisi yang hendak digunakan ISIS untuk menyerang pasukan Irak dan bahkan para pengungsi.

Sebelumnya, tentara Irak di Mosul menemukan lebih dari 100,000 peluru mortir dari sebuah pabrik bahan peledak yang hendak dipakai ISIS untuk menyerang pasukan Irak dan warga sipil di berbagai kawasan yang sudah berhasil dibebaskan.

Pasukan Irak memulai operasi militer besar-besaran sejak 17 Oktober lalu untuk membebaskan Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, Irak utara, yang diduduki ISIS sejak tahun 2014. Operasi ini sudah berhasil membebaskan banyak kawasan di provinsi tersebut, dan pemerintah Irak berkomitmen untuk menjaga bangunan-bangunan infrastruktur dan berjanji memulangkan para pengungsi ke kampung halaman mereka yang sudah berhasil dibebaskan.  (mm/almadapress)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL