Baghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan kepolisian Irak yang didukung relawan al-Hashd al-Shaabi dalam kelanjutan operasi pembebasan Mosul barat, Irak utara, Selasa (21/2/2017), berhasil mencapai pangkalan al-Ghazlani dekat bandara internasional Mosul serta menguasai kawasan strategis distrik Albu Saif dan daerah perbukitannya.

Dilaporkan bahwa di hari ketiga operasi ini pertempuran berlangsung sengit antara mereka dan kawanan teroris ISIS di sekitar Mosul, dan mereka siap menyerbu ISIS di bandara tersebut.

Sumber keamanan lokal mengatakan, “Polisi federal dan pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi kini siap menyerang bandara internasional Mosul.”

Dia menambahkan ISIS terdesak hebat sehingga banyak anggotanya yang kabur dari lokasi pertempuran.

“Dalam operasi ini pasukan Irak telah mengidentifikasi dan menjangkau tempat-tempat pembuatan senjata dan bom mobil di kawasan Albu Saif,” terangnya sembari menyebutkan bahwa bandara ini kini terus dihujani peluru mortir oleh polisi.

Di daerah itu ISIS mengandalkan terowongan bawah tanah dalam melancarkan serangan untuk menahan gerak maju pasukan Irak, sementara pasukan kepolisian mengamankan jalanan Albu Saif dengan melakukan pengawasa melalui atap rumah-rumah dan bangunan.

Perdana Menteri Irak Haeder Abadi dari tempat Konferensi Keamanan Munich, Jerman, Minggu lalu mengumumkan dimulainya operasi militer untuk pembebasan Mosul barat.

Di hari pertama operasi ini pasukan Irak dapat bergerak cepat dan berhasil menguasai dan membebaskan banyak desa dari cengkraman ISIS di kawasan tersebut. (mm/irna/bbc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL