tank-irak-di-mosulMosul, LiputanIslam.com –  Komandan pasukan kontra-teroris Irak Letjen Abdul Wahab al-Saidi mengatakan bahwa jarak pasukan Irak dengan Sungai Tigris yang membelah kota Mosul menjadi dua bagian kini hanya tinggal 5 km saja.

Dia menjelaskan bahwa pasukannya sudah membersihkan kawasan Qadisiah 2, persimpangan al-Mahruq, dan al-Ibadi di timur laut Mosul.

“Hanya tinggal 5 km saja jarak mereka dari Sungai Dajlah (Tigris) yang membelah kota ini menjadi dua bagian,” lanjutnya.

Pasukan Irak terus bergerak maju di front barat untuk merebut kembali kawasan-kawasan yang masih diduduki gerombolan teroris takfiri ISIS.

Komandan operasi pembebasan Mosul Brigjen Abdul Karim al-Sab’awi kepada Anadolu mengatakan, “Pasukan gabungan kepolisian federal dan al-Hashd al-Shaabi (pasukan relawan) telah melepaskan dua lagi desa dari cengkraman ISIS di barat Mosul.”

Dia menjelaskan bahwa dua desa itu adalah al-Butsah timur dan al-Salihiyah di sisi Tal Abtah di barat daya Mosul.

Menurutnya, pasukan gabungan ini berusaha maju untuk memperketat kepungan terhadap ISIS di Tal Abtah yang sejauh ini sudah terkepung dari arah utara dan timur untuk diserbu kemudian.

Kemhan Irak dalam statemennya menyatakan bahwa jet-jet tempur Irak telah menggempur posisi-posisi ISIS dalam kota Mosul.

“Serangan ini menghancurkan sebuah gudang untuk membuat bom mobil di Mosul baru, pusat pelatihan teroris di al-Dawasah, gudang-gudang rudal dan senjata , dan pabrik bahan peledak di sisi barat,” ungkapnya.

Ditambahkan bahwa serangan udara lain telah menerjang posisi-posisi ISIS di provinsi Anbar,termasuk markas operasi mereka, hingga menewaskan 21 anggota ISIS yang beberapa di antaranya warga negara asing.

Sebanyak 70,000 orang telah mengungsi  sejak pasukan Irak memulai operasi pembebasan Mosul pada 17 Oktober lalu sampai sekarang, namun di kota ini masih terdapat lebih darii 1 juta penduduk yang 600,000 di antaranya tinggal di sisi timur. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL