كيلومتر واحد يفصل القوات العراقية عن مركز الصقلاويةFallujah, LiputanIslam.com –  Milisi Saraya Jihad yang bernaung di bawah kelompok besar relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, Jumat (3/6), menyatakan dalam pertempuran hebat melawan gerombolan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) pihaknya bersama tentara Irak sudah mendekati pusat kota kecil Saqlawiyah, 8 km utara Fallujah, provinsi Anbar, dan kini hanya tinggal sejarak 1 km dari pusat kota tersebut.

“Pasukan Saraya  Jihad dan tentara yang bersamanya hari ini terus mengalami kemajuan dari Jembatan al-Karmah di bagian barat Saqlawiyah. Mereka berhasil menerobos dan menghancurkan garis-garis  pertahanan ISIS serta menimpakan kerugian besar pada mereka setelah menjalani pertempuran sengit,” bunyi statemen Saraya Jihad, seperti dilansir al-Alam.

Statemen itu menambahakan, “Pasukan penyerbu yang terdiri atas Saraya Jihad dan Brigade al-Muntadhar dan Brigade 24 Angkatan Bersenjata Irak berhasil mencapai sasaran-sasarannya dan sudah berada di jarak 1 km dari pusat Saqlawiyah.”

Sebelumnya di hari yang sama, kelompok relawan Badar menyatakan dua teroris pelaku serangan bunuh diri tewas ketika mengemudikan dua bom mobil, dan sebuah barak ISIS luluh lantak di Saqlawiyah.

Bom Bunuh Diri Serang Pengungsi

Masih di hari yang sama, sebagaimana dilaporkan Asharq al-Awsat, seorang anggota ISIS meledakkan dirinya di tengah pengungsi Saqlawiyah hingga menjatuhkan beberapa korban tewas dan luka.

“Pasukan keamanan dan polisi Irak yang dibantu relawan al-Hashd al-Shaabi telah membuka jalur-jalur penyelamatan warga yang terjebak di zona pertempuran, dan warga sudah diminta mewaspadai penyusupan teroris di tengah mereka,” ungkap sumber keamanan Irak.

Al-Hashd al-Shaabi membenarkan berita serangan teror tersebut.

Sementara itu, al-Mayadeen melaporkan sebanyak lebih dari 700 penduduk Fallujah berhasil melarikan diri kawasan yang dikuasai ISIS di kota tersebut, dan bergerak ke arah pasukan Irak sepanjang hari Kamis 92/6).

(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL