آلاف المتطوعين من انحاء العراق والعشائر تقاتل داعش في عدة مدنBaghdad, LiputanIslam.com – Pasukan Irak dalam jumlah besar di bawah komando Mayjen Abu al-Walid bergerak mendekat Mosul untuk membebaskan ibu kota provinsi Ninawa tersebut dari pendudukan gerilyawan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL/ISIS) Rabu (11/6/2014). Selain itu, pasukan khusus juga dikirim ke provinsi Salah al-Din untuk membantu aparat keamanan. Di saat yang sama, ribuan orang di berbagai kota dan daerah Irak menyatakan siap menjadi relawan untuk mendukung tentara Irak melawan ISIL.

Mayjen Abul al-Walid mendapat tugas langsung dari Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki untuk membebaskan Mosul. Abul al-Walid mendapat kewenangan penuh dan berjanji membebaskan semua wilayah Mosul dan menumpas teroris teroris di provinsi Ninawa.

Mayjen Abul Walid sebelumnya pernah sukses memimpin operasi militer besar-besar di beberapa kawasan Mosul pada tahun 2005.
Sementara itu, ribuan orang di berbagai kota dan daerah Irak telah mendaftarkan diri sebagai relawan untuk membantu pasukan Irak menumpas gerilyawan ekstrimis ISIL.

Di distrik Khalis, utara Baghdad, pendaftar sudah mencapai sekitar 800 orang yang berasal dari berbagai suku. Mereka menyatakan kuatir milisi ISIL mendatangi wilayah dekat kota Baquba tersebut. Mereka sudah dibekali senjata ringan dan sedang, serta sebagian sudah mulai melakukan patroli memburu para teroris terpidana berat yang kabur dari penjara Mosul.

Di Baghdad, para relawan telah berkonsentrasi di bandara internasional al-Muthana.

Di Dhi Qar, Irak selatan, ratusan pemuda juga telah mendaftarkan diri sebagai relawan di markas Partai Dakwah untuk Pembelaan Tempat-Tempat Suci Irak. Selain itu, ribuan warga suku-suku setempat keluar jalan-jalan dan berdemonstrasi menyatakan kesiapan mereka berjuang membela Irak dari serangan para ekstrimis.

Di propinsi Salah al-Din, beberapa kelompok suku juga sudah terlibat kontak senjata melawan gerilyawan ISIL di kawasan al-Elm, selatan Tikrit.

Di provinsi Ninawa, pasukan kelompok-kelompok suku berhasil membbebaskan kawasan al-Wahdah dari cengkraman ISIL serta membunuh 23 anggota kelompok ekstrimis tersebut. Seorang pemuka suku mengatakan puluhan militan ISIL itu sebagian besar pernah berperang di Suriah. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL