pasukan-kontra-terorisme-irak

Pasukan Kontra Terorisme Irak

Baghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan Irak bergerak maju di dari bagian barat kota Shirqat menuju bagian barat timurnya yang dikuasai kelompok teroris ISIS, sementara pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi merebut satu desa lagi di barat  Mosul, Minggu (11/12/2016).

“Tentara dan polisi Irak serta al-Hashd al-Shaabi kembali beroperasi di sisi kiri (timur) Shirqat dan terlibat kontak senjata dengan ISIS hingga dua anggota al-Hash al-Shaabi terbunuh,” ungkap Kapten Ghazwan al-Jibouri, salah satu komandan operasi militer provinsi Salahuddin kepada kantor berita Turki, Anadolu.

Seperti kota Mosul, kota Shirqat terbagi menjadi dua bagian, sisi barat dan sisi timur Sungai Tigris. Pasukan Irak menguasai sisi barat sejak September lalu, sementara sisi timur masih dikuasai SIS.

Operasi militer untuk merebut sisi timur sudah dimulai sejak dua pekan lalu, tapi berjalan lambat karena perhatian banyak tersita oleh perkembangan situasi perang di Mosul yang sebagian besarnya masih dikuasai ISIS.

Di barat Mosul, al-Hashd al-Shaabi berhasil membebaskan satu lagi desa.

“Pasukan al-Hasdh al-Shaabi hari ini berhasil membebaskan desa al-Riziyah, di selatan distrik Tal Abtah dan di barat Mosul,” ungkap Sarmad al-Kazhim, salah seorang komandan pasukan relawan ini sembari menyebutkan bahwa sebelumnya telah terjadi pertempuran sengit yang hingga kini belum jelas korban dan kerugian di masing-masing pihak.

Al-Hashd al-Shaabi yang terdiri atas relawan Syiah dan Sunni Irak dilibatkan dalam operasi pembebasan Mosul pada akhir Oktober lalu, dua minggu setelah operasi ini dimulai oleh tentara dan polisi Irak serta pasukan Kurdi Peshmerga. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL