جهاز مكافحة الإرهاب في العراق يعلن تحرير معسكر هيتBaghdad, LiputanIslam.com – Pasukan anti teror Irak, Minggu (3/4), mengumumkan pihaknya berhasil membebaskan pangkalan militer kota Hit, provinsi Anbar, Irak barat, dan sebuah kawasan keamanan di gerbang barat kota ini.

“Pasukan anti teror berhasil membebaskan sepenuhnya pangkalan militer Hit dan kawasan keamanan di gerbang barat kota ini serta menguasai sepenuhnya dua lokasi ini,” ungkap komandan operasi khusus pasukan anti teror Irak Mayjen Sami Kadim al-Aredi kepada al-Sumaria News.

Dia menambahkan, “Operasi pembebasan ini terjadi setelah 12 orang anggota ISIS terbunuh dan kelompok ini menderita banyak kerugian materi dan jiwa.”

Komandan pasukan adat al-Baghdadi di provinsi Anbar, Malullah al-Obeidi, Sabtu pekan lalu mengatakan pasukan anti teror Irak berhasil membebaskan dua kawasan penting dan gedung kepolisian Hit di barat kota Ramadi.

Pasukan anti teror Irak juga menyebutkan bahwa ISIS telah memasang bom dan bahan peledak aktif di semua jalan dan banyak rumah di Hit yang sudah ditinggal oleh penghuninya, dan beberapa hari terakhir ini terus berlangsung pertempuran sengit antara kedua pihak.

Komandan pasukan anti teror Irak Brigjen Abdul Ghani al-Asadi mengatakan, “Satuan-satuan pasukan kami Ahad sore telah menggempur kubu-kubu pertahanan kawanan teroris ISIS dan masuk ke dalam kota ini hingga mendekat wilayah pusat kota.”

Dia juga menjelaskan bahwa kemajuan pasukan Irak relatif lambat karena dihadang oleh banyak bom dan bahan peledak yang bertebaran di jalanan dan rumah-rumah yang sudah tak berpenghuni.

Sementara itu, di Baghdad, ibu kota Irak, lima orang terbunuh dan sembilan lainnya luka-luka terkena ledakan bom mobil yang diarahkan teroris ke arah sebuah tempat konsentrasi pasukan relawan Irak al-Hasdh al-Shaabi di kawasan al-Musyahadah di utara Baghdad. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL