irak pembebasan ramadiBaghdad, LiputanIslam.com – Kepala Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Khalidiyah, provinsi Anbar, Irak, Ali Dawud, menyatakan pasukan Irak berhasil membebaskan kawasan Albu Dzayyab di utara Ramadi dalam sebuah operasi yang menewaskan sejumlah anggota kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Pasukan keamanan hari ini berhasil membebaskan kawasan Albu Dzayyah di utara Ramadi dari kontrol para teroris ISIS dan bergerak ke arah kawasan Albu Faraj. Dalam operasi ini pasukan keamanan telah membunuh banyak teroris ISIS dan melukai beberapa teroris lainnya,” ungkap Ali Dawud, Rabu (29/7), sebagaimana dilansir situs berita Almasalah.

Dilaporkan pula bahwa pasukan kontra-terorisme Irak juga telah mengendalikan sebagian besar kawasan al-Tamim di bagian barat Ramadi hingga ke arah pusat kota ini, serta melumpuhkan pergerakan kawanan teroris di kawasan ini.

Bersamaan dengan ini, kepala kepolisian federal Irak, Shakir Judat, menyatakan pasukan keamanan Irak mengalami banyak kemajuan dalam operasi militernya untuk pembebasan wilayah timur Ramadi, dan dalam pertempuran dengan kawanan teroris mereka berhasil membunuh 23 teroris dan menghancurkan lima mobil teroris di kawasan Hasibah dan al-Madiq.

Menurutnya, di dua kawasan itu pasukan keamanan juga berhasil mengungkap dan menjinakkan 75 bom yang dipasang dan diaktifkan oleh para teroris. Pasukan keamanan juga telah menimpakan banyak kerugian jiwa dan materi pada kawanan ISIS.

Dalam peristiwa lain di kawasan al-Karmah di timur Falluja, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Irak menyatakan banyak anggota ISIS tewas.

“Badan intelijen dan keamanan militer angkatan bersenjata Irak telah melancarkan serangan roket secara masif terhadap posisi-posisi ISIS di kawasan al-Karmah di timur Falllujah, mengakibatkan 11 teroris terbunuh dan dua tempat persembunyian mereka hancur total,” paparnya.

Tentara Irak yang didukung relawan al-Hashd al-Shaabi dan pasukan adat lokal memulai operasi militer secara besar-besar sejak beberapa waktu lalu untuk menumpas ISIS di seluruh wilayah provinsi Anbar di bagian barat Irak. Sejauh ini mereka sudah berhasil membebaskan beberapa kota dan daerah di provinsi ini. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL