FILES-IRAN-POLITICS-GUARDSTeheran, LiputanIslam.com – Pasukan elit Iran Garda Revolusi Islam (IRGC) dilaporkan berhasil meringkus kawanan teroris yang diketahui terhubung dengan dinas-dinas rahasia asing di provinsi Khuzestan di barat daya Iran yang berbatasan dengan propinsi Basrah, Irak.

IRGC memburu mereka setelah mengantongi informasi bahwa badan-badan intelijen asing menggerakkan dan mengirim tim untuk melancarkan operasi teror dan aksi sabotase di Iran.

Mengutip keterangan Bidang Penerangan IRGC, Farsnews menyebutkan bahwa kawanan itu sudah dipantau sejak di luar wilayah Iran melalui proses yang rumit, dan begitu masuk ke wilayah Iran mereka segera disergap, dilumpuhkan dan diringkus oleh pasukan gerak cepat IRGC dari kesatuan intelijen Wali Ashr provinsi Khuzestan.

Tanpa menyebutkan jumlah kawanan yang diringkus, keterangan itu juga menyatakan. “Dengan kordinasi dan dukungan dinas rahasia negara-negara musuh Iran para teroris itu merencanakan serangkaian operasi teror dan perusakan di sejumlah lokasi strategis untuk menciptakan ketakutan di tengah masyarakat.

alam operasi penyergapan tersebut, pasukan IRGC juga menyita barang-barang bawaan mereka berupa bahan peledak, bom rompi, telefon genggam, dan peralatan komunikasi lain.  Dalam keterangan awal interogasi, mereka mengakui keterhubungannya dengan dinas-dinas rahasia trans-nasional.

Belakangan ini Iran terusik oleh ulah para pengacau dan ekstrimis di wilayah perbatasan. Di perbatasan Iran-Pakistan para ekstrimis yang berbasis di Pakistan bahkan sempat sekian bulan menculik lima pasukan penjaga perbatasan Iran serta membunuh salah seorang di antaranya.

Para korban penculikan itu belum lama ini dikembalikan ke Iran setelah Teheran melakukan tekanan intensif terhadap pemerintah Pakistan supaya bertanggungjawab atas peristiwa ini, terutama sejak terbetik kabar bahwa satu di antara korban telah dibunuh oleh kelompok ekstrimis yang menamakan dirinya Jaisy al-Adl. (mm/farsnews/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL