Doha, LiputanIslam.com –  Beberapa sumber media melaporkan bahwa sekelompok pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) sudah berada di dalam istana Emir Qatar Tamim bin Hamad al-Thani di Doha untuk melindunginya, dan mereka masuk ke ibu kota Qatar ini dengan kedok latihan militer bersama.

Beberapa laporan lain sebelumnya menyebutkan adanya perjanjian kerjasama keamanan antara Iran dan Qatar pada tahun 2010 yang membolehkan pelaksanaan latihan militer bersama.

Menurut laporan sebelumnya itu, perjanjian keamanan tersebut memungkinkan penggunaan pasukan Iran, termasuk IRGC, apabila di Doha terjadi kerusuhan dan terdapat aktivitas kelompok-kelompok teroris.

Perjanjian ini juga memuat pasal-pasal yang menyebutkan bahwa jika ada permintaan dari pihak manapun di antara keduanya untuk melakukan pelatihan atau pembelian sarana keamanan atau permintaan-permintaan lain yang membutuhkan dana maka akan dialokasikan dana sesuai kesepakatan detail antara kedua pihak. (mm/skynewsarabia/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL