iran cyber armyTelAviv, LiputanIslam.com – Beberapa situs militer dan sipil Israel mendapat serangan hebat dari pasukan cyber Iran selama Israel melancarkan operasi militer bersandi “Protective Edge” di Jalur Gaza, demikian dikatakan petinggi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) kepada wartawan, Ahad (17/8), sebagaimana dilansir berbagai media Israel, termasuk Times of Israel, Haaretz dan TV Israel Channel 2.

Pejabat itu mengatakan belum pernah terjadi serangan cyer sehebat itu sebelumnya dari para peretas Iran. Serangan itu terjadi antara lain dalam bentuk pembajakan terhadap akun Twitter IDF. Namun, target serangan umumnya adalah situs-situs dan sistem-sistem sipil daripada jaringan militer dan infrastruktur nasional Israel.

Dia mengklaim serangan tidak menimbulkan kerusakan serius karena semua sistem yang strategis sudah mendapatkan proteksi secara maksimal. Hanya saja, lanjut sumber IDF tersebut, skala serangan itu cukup “mengesankan”.

“Dalam hal ruang lingkup dan jenis target, mereka (peretas Iran) gigih untuk mendapatkan hasil, tidak pernah kami melihat upaya sedemikian rupa sebelumnya. Kali ini Iran melakukan upaya signifikan,” ujar pejabat yang tak disebutkan namanya itu.

Dia menyerukan pembentukan badan maya terpadu untuk meningkatkan pertahanan Israel di dunia maya. Dia menyarankan peninjauan secara menyeluruh terhadap akses situs-situs informasi termasuk milik juru bicara IDF, Home Front Command, dan akun Twitter IDF demi mencegah terulangnya kembali pembajakan seperti yang sudah terjadi ketika Perang Gaza berlangsung.

Awal Juli lalu akun Twitter milik IDF tiba-tiba memosting pesan hoax yang menyebutkan bahwa dua roket dari Gaza telah menghantam reaktor nuklir Dimona hingga menyebabkan kebocoran. Lucunya, pesan itu kemudian disusul dengan tulisan “Hidup Palestina!”. Beberapa menit kemudian IDF kembali mengendalikan akunnya dan memosting pesan permintaan maaf atas kejadian pembajakan dan publikasi pesan palsu tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL