Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang merupakan aliansi Arab-Kurdi  berhasil menguasai pangkalan udara militer Tabqa di bagian utara Suriah, Minggu (26/3/2017).

Jubir resmi SDF mengatakan kepada AFP bahwa pihaknya telah “menguasai penuh” pangkalan udara Tabqa dan sekarang sedang melakukan operasi penyisiran dan pembersihan lokasi dari ranjau yang ditinggal ISIS.

SDF yang didukung Amerika Serikat (AS) memulai operasi penumpasan ISIS sejak November tahun lalu dengan sandi “Amarah Furat” dan target membebaskan kota Raqqa yang menjadi sarang teroris ISIS dan berjarak sekira 50 kilometer dari Tabqa. Sebelum memulai serbuan ke Raqqa mereka mengepung kawanan ISIS di dalam kota ini.

Observatorum HAM untuk Suriah juga melaporkan keberhasilan SDF yang didukung pasukan udara koalisi internasional pimpinan AS.

Menurut lembaga yang aktif memantau perkembangan situasi perang Suriah ini, ISIS mundur meninggalkan pangkalan udara Raqqa akibat gencarnya gempuran mortir SDF dan serangan udara pasukan koalisi. (mm/raialyoum/almasdarnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL