قوات القبائل اليمنية تقترب من بلدة الخوبة السعودية رغم استمرار العدوانSanaa, LiputanIslam.com –  Kelompok-kelompok suku di Yaman terus melancarkan serangan di wilayah Saudi di dekat perbatasan Yaman. Laman TV al-Mayadeen yang bermarkas di Lebanon Minggu kemarin (10/5) menyebutkan bahwa pasukan adat  Yaman itu menguasai pegunungan al-Tuwailaq  di dekat kota kecil al-Khubah, Saudi. Penduduk setempat yang menyaksikan peristiwa itu mengatakan satu unit kendaraan militer Saudi di dekat sebuah lokasi pertanian di kota ini terbakar.

Tentang ini Alalam juga melaporkan bahwa kawasan pegunungan yang membentang di sekitar al-Khubah jatuh ke tangan pasukan adat Bakil al-Mair dan Hamdan setelah terjadi kontak senjata antara mereka dan pasuan Arab Saudi. Mereka terus beraksi di wilayah Saudi di dekat perbatasan Yaman sebagai reaksi dan perlawanan atas berlanjutnya agresi Saudi dan negara-negara sekutunya terhadap Yaman.

Di Yaman selatan, tentara negara ini dan pasukan komite revolusi mengejar gerilyawan takiri al-Qaeda di kota strategis Kraytar, provinsi Aden. Kantor berita Turki Anatolia menyebutkan bahwa penduduk setempat mengabarkan kota itu jatuh Minggu kemarin ke tangan milisi Ansarullah (Houthi) setelah 40 hari pertempuran antara mereka dan pasukan pendukung presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi.

Menurut penduduk setempat, kota Kraytar yang terhitung sebagai jantung Aden karena berada di bagian tengah provinsi ini telah dikepung secara ketat oleh pasukan Houthi sejak beberapa hari lalu, sementara pasukan pendukung Hadi kehabisan amunisi sehingga terpaksa menghentikan pertempuran.

Di distrik al-Arisy, Khormaksar, tentara Yaman dan pasukan yang berkoalisi dengannya dilaporkan Alalam berhasil membersihkan sepenuhnya kawasan ini melalui serangkaian operasi intensif untuk pembebasan  beberapa kawasan yang masih berada dalam cengkraman teroris al-Qaeda. Namun keterangan sumber yang dikutip Anatolia menyebutkan bahwa pertempuran di Khourmaksar masih berlanjut.
Di Taiz, sumber setempat menyatakan tentara Yaman dan pasukan komite revolusi menguasai sebagian besar kawasan permukiman kota ini.

Sementara itu, jet tempur Saudi terus menghajar provinsi Hajjah di bagian timur Yaman dan menewaskan sedikitnya lima orang. Saudi juga terus melancarkan serangan udara ke kota Sa’ada sejak Jumat lalu.

Seperti diketahui, Saudi dan sembilan negara sekutunya melancarkan serangan udara ke Yaman sejak 26 Maret lalu dengan dalih memulihkan pemerintahan Mansur Hadi yang tersingkir akibat revolusi rakyat yang digerakkan oleh kelompok Houthi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL